Pages

Senin, 04 Agustus 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Lebih 700 Orang Terinfeksi Ebola, WHO Belum Keluarkan Travel Warning
Aug 4th 2014, 14:00

TRAVELwarning bagi pengamat kesehatan dianggap jitu menimalisir penyebaran virus Ebola. Kendati begitu, World Health Organization (WHO) menganggap bahwa mengambill kebijakan travel warning belum tepat dilakukan sekarang.


Wabah terburuk virus Ebola dalam sejarah sedang terjadi di Afrika Barat. Menurut hitungan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu (3/8), virus tersebut telah merenggut sekira 729 nyawa di Sierra Leone, Liberia, Guinea, dan Nigeria.
 
Dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Prof Tjandra Yoga Aditama, WHO belum mengeluarkan travel warning dalam bentuk apapun sampai saat ini. Namun, untuk meredam penyebaran virus ini, Center of Diseases Control (CDC)  Amerika Serikat sudah mengeluarkan semacam peringatan menghindari perjalanan yang tidak begitu perlu (nonesential travel) ke negara-negara endemik Ebola.
 
"Tiga negara yang harus diwaspadai itu Guinea, Liberia, dan Sierra Leone," jelasnya saat diwawancarai Okezone lewat sambungan telefon, Senin (4/8/2014). (Baca: Ebola, Penyakit akibat Virus Paling Mematikan)
 
Alasan lain belum perlu travel warning karena jalur penerbangan dari tiga negara itu tidak mencakup semua benua, atau masih sedikit negara membuka jalur penerbangan ke tiga negara tersebut. (Baca: Cara Virus Ebola Menyebar dalam Tubuh)
 
"Sekarang ini ada 39 bandara internasional di 35 negara yang punya penerbangan langsung dari tiga negara terjangkit Ebola, Afrika, Eropa, dan Amerika. Untuk Asia dan tentu juga Indonesia itu tidak. Bandara internasional itu ada tujuh di Eropa, yaitu United Kingdom, Belgia, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Belanda. Tiga negara bagian di Amerika Serikat, yaitu Houston, Atlanta, New York," ungkapnya.
 
Dengan demikian, penularan virus Ebola melalui penerbangan masih relatif kecil.
"Kesimpulannya, penularan melalui penerbangan komersial relatif kecil, dan saat ini belum ada penerbangan langsung ke Asia, belum ada travel warning dari WHO. Akan tetapi, tentu harus mengikuti perkembangan yang ada dan (kita harus) tetap waspada," tutupnya.
(fik)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions