Pages

Selasa, 05 Agustus 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Explore Cafepress

Name anything in the world, and we'll show you hundreds of products that celebrate it. Or, you can design your own.
From our sponsors
Marshanda Mengaku Disuntik Sebelum Disekap, Bolehkah?
Aug 5th 2014, 10:34

Jakarta, Aktris cantik Marshanda mengaku disuntik lemas sebelum 'disekap' di rumah sakit. Bahkan menurut pengacaranya, suntikan itu diberikan untuk membuat bintang sinetron Bidadari ini tampak seperti sedang mengalami gangguan mental.

Belum ada keterangan resmi dari dokter maupun rumah sakit terkait pengakuan tersebut. Namun jika benar aktris yang akrab dipanggil Chacha tersebut disuntik dan kemudian disekap, maka tindakan tersebut dinilai sebagai penyalahgunaan.

Ketika kondisi mental seseorang terganggu misalkan depresi atau frustasi karena menghadapi suatu masalah, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja bunuh diri.

Terlepas dari kasus Marshanda, dr Prianto Djatmiko, SpKJ, seorang psikiater dari RSJ Soeharto Heerdjan Grogol menjelaskan bahwa secara umum goal atau tujuan akhir ketika para ahli kesehatan jiwa menangani pasien adalah demi optimalnya kesehatan jiwa yang bersangkutan.

"Kalau sengaja ditimbulkan gejala gangguan pada kondisi mental yang bersangkutan, diada-adakan, seharusnya itu nggak boleh terjadi, termasuk penyalahgunaan," tutur dr Prianto ketika dihubungi detikHealth, Selasa (5/8/2014).

"Secara normatif, obat atau suntikan atau apa saja yang diberikan kepada seseorang dan justru bisa menimbulkan gangguan pada mental seseorang, tidak dibenarkan," tegasnya.

Lebih lanjut, dr Prianto menekankan ahli jiwa memiliki kewajiban untuk membuat kondisi mental seseorang optimal, bukan justru terganggu. Toh ketika ada seseorang yang merasa kondisi mentalnya terganggu, perlu dilakukan observasi.Next

Halaman 1 2
(rdn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
174609_vaksin2.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions