Pages

Jumat, 17 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Mobile Game Development Course

Learn how to create awesome HTML5 games that run on iPhone, iPad, Android and Desktop! Sign up today for this $99 online course.
From our sponsors
Berhenti Merokok dan Terapkan Diet Sehat, Nguyen Pangkas Bobot 48 Kg
Jan 17th 2014, 07:45

Seattle, AS - Siapa bilang merokok bisa bikin wanita menjadi lebih kurus? Julie Nguyen (31) justru membuktikan sebaliknya. Pasca memutuskan untuk berhenti merokok dan mulai menerapkan pola hidup sehat, bobotnya yang semula 111 kg kini turun menjadi 63 kg.

"Saya memang chubby sejak kecil. Sepanjang tumbuh dewasa saya banyak makan makanan cepat saji. Saya juga tak suka minum air putih, sehingga lebih sering minum soda dan jus," ujar Nguyen, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (17/1/2014).

Selain tak terbiasa makan makanan sehat, Nguyen juga hampir tidak pernah olahraga. Akibatnya bobot Nguyen pun kian meningkat. Dengan tinggi badan 152 cm, ia tampak sangat gemuk. Tak hanya itu, ia juga kemudian mengeluhkan munculnya sakit punggung dan sesak napas.

Tak ingin kepercayaan dirinya terus turun, Nguyen kemudian memutuskan untuk melakukan perubahan dalam pola hidupnya. "Saya mulai makan dengan porsi lebih sedikit dan mencari pilihan yang lebih sehat. Saya batasi konsumsi minuman manis dan fokus pada kontrol porsi. Setiap kg yang hilang adalah motivasi untuk terus berupaya," tuturnya.

Ia mengaku tak pernah menetapkan target yang terlalu besar karena tak ingin kecewa di tahap awal program. Nguyen hanya menetapkan target kecil dalam jangka pendek, seperti turun 5-10 kg. Rupanya kebiasaan kecil namun konsisten tersebut membuatnya kehilangan bobot 13 kg. Untuk kali pertama mengalami penurunan berat badan, hal ini sangat memacu motivasinya.

"Kemudian seorang teman menyarankan saya untuk bergabung di gym sepertinya. Ragu-ragu, teman saya tersebut kemudian membawa saya ke organisasi lokal, YMCA. Di sini saya bersenang-senang dan bisa mengambil kelas seperti Zumba. Berat badan saya pun turun lagi secara bertahap hingga 18 kg," papar Nguyen.

Tak ingin berhenti sampai di situ saja, Nguyen kemudian memutuskan untuk mengambil bagian dalam aktivitas berlari 5 km. Dalam pelatihan ini, ia diharuskan berhenti merokok. Diakuinya, setelah terbiasa merokok selama 14 tahun, hal ini cukup sulit. Namun demi memiliki tubuh yang lebih ideal, Nguyen pun berusaha keras melakukannya.

"Saya juga mulai memasak makanan sehat sendiri, tentu dengan menu seperti buah-buahan segar dan sayuran. Camilan sehat juga saya siapkan setiap beberapa jam untuk mencegah munculnya lapar berlebihan. Beberapa bulan kemudian berat badan saya turun lagi, total mencapai 48 kg dan kini saya jauh lebih percaya diri," ungkapnya dengan bangga.

(ajg/vit)

Ikuti detikHealth Reader's Choice dan dapatkan hadiah sepeda Polygon, alat pengukur gula darah, dan hadiah menarik lainnya. Yuk, klik di sini 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
144643_after.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions