Pages

Rabu, 29 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Learn to create beautiful cakes from your kitchen.

Whether you are doing this for fun or to start a new business, this course provides the simple techniques needed to decorate a cake like a pro.
From our sponsors
Kapan Waktunya Harus Ganti Sikat Gigi Baru?
Jan 29th 2014, 10:09

Jakarta - Rajin menyikat gigi adalah kebiasaan penting untuk merawat kesehatan rongga mulut. Namun rajin menyikat gigi juga harus dibarengi dengan rajin mengganti sikat giginya. Bila tidak, kesehatan gigi dan gusi bisa jadi taruhannya. Lantas kapan waktunya harus mengganti sikat gigi?

Berdasarkan survei detikHealth Reader's Choice 2013 yang digelar 20 Desember 2013 hingga 15 Januari 2014, ada beragam jawaban pembaca tentang kapan waktu mengganti sikat gigi yang baru. 1.735 Responden mengaku mengganti sikat gigi 1-3 bulan sekali, 830 responden menggantinya setiap bulan, 624 responden mengganti sikat gigi 4-6 bulan sekali, 507 responden menunggu hingga sikat gigi rusak baru menggantinya, dan 123 responden mengaku mengganti sikat gigi setelah lebih dari 6 bulan.

Lalu bagaimana komentar dokter gigi? "Sikat gigi yang rusak kalau dipakai terus bisa merusak gusi dan gigi," tutur Prof. Dr.drg. Melanie Sadono Djamil, MBiomed, dokter gigi sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, saat dihubungi detikHealth, Rabu (29/1/2014).

Menurut Prof Melanie, tidak ada patokan waktu yang pasti kapan harus mengganti sikat gigi dengan yang baru. Hal tersebut tergantung pada kondisi sikat gigi dan bagaimana si empunya menggunakannya.

Pada orang yang suka menyikat gigi dengan tekanan keras, tentu saja ia harus lebih sering mengganti sikat gigi. Sebaliknya, untuk orang yang menyikat gigi dengan tekanan lembut, sikat giginya cenderung lebih awet dan tak perlu sering-sering diganti.

Namun, ada beberapa indikasi yang menunjukkan kapan Anda harus segera mengganti sikat gigi. Salah satunya kondisi sikat gigi yang sudah tidak layak dan justru dapat merusak gigi.

"Sikat gigi masih bisa digunakan kalau bulunya masih lurus, tidak mekar, atau pada beberapa merek yang bulunya keras-keras, itu harus sesuai dengan desain. Kalau warnanya sudah memucat, pudar, itu harus diganti," pesan Prof Melanie.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
171107_sikatgigits.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions