Pages

Kamis, 30 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Mobile Game Development Course

Learn how to create awesome HTML5 games that run on iPhone, iPad, Android and Desktop! Sign up today for this $99 online course.
From our sponsors
Joging dan Bercinta, Mana yang Lebih Banyak Bakar Kalori?
Jan 30th 2014, 12:30

Jakarta, Bercinta merupakan salah satu aktivitas yang membuat beberapa otot di dalam tubuh 'bergerak', sehingga seringkali dianggap bisa menggantikan olahraga. Namun jika dibandingkan dengan aktivitas lain seperti joging, mana yang lebih banyak membakar kalori?

Untuk membuktikannya, Antony D Karelis, seorang profesor ilmu olahraga di University of Quebec, Kanada, melakukan penelitian yang kemudian diterbitkan dalam jurnal penelitian online PLoS One.

Karelis dan rekan-rekan penelitinya melibatkan 21 responden yang memiliki pasangan dan meminta mereka untuk joging di treadmill selama 30 menit. Selama mereka joging, para peneliti memonitor pengeluaran energi mereka agar bisa dibandingkan dengan aktivitas bercinta.

Mereka juga memasangkan gelang khusus yang bisa digunakan untuk memonitor aktivitas pembakaran energi pada lengan responden. Penggunaan gelang tersebut memungkinkan peneliti untuk mengukur seberapa banyak pembakaran kalori dalam METs (Metabolic Equivalent of Task). METs merupakan sebuah patokan yang digunakan untuk membandingkan aktivitas mulai dari diam seperti duduk (1-MET), hingga aktivitas lain yang membutuhkan lebih banyak energi.

Seluruh responden kemudian diminta untuk pulang dan melakukan hubungan intim setidaknya sekali dalam seminggu selama satu bulan, dengan tetap mengenakan gelang khusus tersebut.

Ketika tim peneliti menganalisa hasilnya, Karelis mengungkapkan bahwa aktivitas seks dapat disebut sebagai 'olahraga tingkat sedang'. Untuk pria, aktivitas ini termasuk dalam kategori 6-MET dan untuk wanita dalam kategori 5,6-MET, setara dengan bermain tenis atau berjalan menanjak.

Sementara sebagai perbandingan, joging termasuk dalam olahraga yang lebih berat. Kadarnya 8,5-MET untuk pria dan 8,4 untuk perempuan. Meskipun begitu, sesuai dengan hasil monitor aktivitas, beberapa pria menggunakan lebih banyak energi saat bercinta daripada saat joging.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas seks membakar 4 kalori per menit untuk pria dan 3 kalori per menit untuk wanita, termasuk dalam sesi foreplay. Sebagai perbandingan, saat joging pria membakar sekitar 9 kalori per menit dan wanita membakar sekitar 7 kalori per menit, seperti dilansir Mirror, Kamis (30/1/2014).

(ajg/vit)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
192020_179335464.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions