Pages

Kamis, 30 Januari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Life mundane? Vegas baby!

Need some excitement in your life? Slots. Cards. Shows. Food. And all the things that happen in Vegas that stay in Vegas. Check out great deals on hotels.
From our sponsors
Waduh, Angka Kehamilan & Persalinan di Usia Muda Meningkat
Jan 30th 2014, 11:11

PERKIRAAN terakhir yang diumumkan oleh pemerintah, angka kematian ibu (AKI) yang diukur sebagai jumlah kematian terkait dengan kehamilan dan persalinan per 100.000 kelahiran hidup meningkat. Kondisi itu pun mendatangkan kesangsian akan kemampuan Indonesia mencapai target MDGs pada 2015.

Seperti diketahui, Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 menyebtukan AKI melonjak drastis sebanyak 359 per 100.000 kelahiran hidup. Padahal sebelumnya, AKI dapat ditekan dari 390 per 100.000 kelahiran hidup (1991) menjadi 228 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI 2007). Sementara target tujuan pembangunan millenium dalam menurunkan AKI yakni menjadi 102 per 100.000 kelahiran hidup di 2015.

Begitu mendapat data angka kematian ibu tidak akan mencapai target MDGs, Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A mengatakan bahwa mereka langsung melakukan evaluasi. Selain itu, menurutnya masalah lain yang mereka lihat bahwa road map yang dibuat pada 2010-2014, di antaranya pelatihan PONED-PONEK, Jampersal, dan kerja sama bidan, itu terlalu banyak di hilir.

"Oleh karena itu, maka kami ingin menambahkan, ayo kita melihat keseluruhannya dari hulu ke hilir,"ujar Menteri Kesehatan di Hotel Gren Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2014).

Sementara, Menkes mengatakan bila melihat rekomendasi ketujuh dan kedelapan yang direkomendasikan Komite Bersama Penurunan Kematian Ibu dan Neonatus di Indonesia dari National Academy of Sciences Amerika Serikat (US-NAS) dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), yaitu keterlibatan masyarakat, serta pendidikan dan pemberdayaan perempuan pada umumnya, termasuk Keluarga Berencana, action di sini adalah quality, mutu kesehatan wanita remaja.

"Ternyata mutu kesehatan wanita remaja Indonesia buruk, apalagi angka kehamilan dan persalinan pada usia muda meningkat. Ayo, mari, ada yang menanganinya di hulu, bagaimana meningkatkan mutu wanita Indonesia sebelum dia hamil dan selama hamil,"imbuh Menkes. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions