Pages

Rabu, 29 Januari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Fun with Brazilian Portuguese

Learn the tips and tricks to speak colloquial Portuguese in a natural and confident manner. Enroll today for just $69!
From our sponsors
Kapan Harus Vaksinasi Hepatitis B?
Jan 29th 2014, 12:22

HEPATITIS B adalah penyakit hati yang bisa berkembang menjadi infeksi kronis, sirrosis, bahkan sampai kanker hati. Oleh sebab itu, penyakit hepatitis B harus dicegah sebelum tertular.

Menurut spesialis penyakit dalam Divisi Alergi dan Imunologi RSCM, Dr. Sukamto Koesnoe, SpPD, K-AI, FINASIM, cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi hepatitis B adalah dengan melakukan vaksinasi. Selain itu, ia mengatakan bahwa pemerintah juga sudah memasukan vaksinasi hepatitis B dalam program imunisasi dasar pada bayi berusia 0 sampai 11 bulan.

Lebih lanjut, Dr. Sukamto menjelaskan vaksinasi primer terhadap infeksi virus hepatitis B terdiri dari tiga dosis. Ketiga dosis vaksinasi sendiri diberikan secara berkala dalam 6 bulan, di mulai saat lahir, 1 bulan setelah dosis pertama, dan 6 bulan setelah dosis pertama.

"Vaksinasi dimulai pada saat lahir, kemudian dosis vaksinasi kedua diberikan 1 bulan setelah dosis pertama, serta dosis ketiga diberikan 6 bulan setelah dosis pertama.,"ujarnya pada acara Simposium Imunisasi Dewasa untuk Tenaga Kesehatan di ruang kuliah Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Sementara itu, menurut Dr. Sukamto bila tersedia, vaksinasi bisa mengunakan vaksin kombinasi hepatitis A dan B. Lantas, apa keunggulan menggunakan vaksin kombinasi hepatitis A dan B?

"Bila tersedia, bisa menggunakan vaksin kombinasi hepatitis A dan hepatitis B. Selain menjadi lebih ekonomis, kesempatan untuk meningkatkan cakupan imunisasi lebih besar,"tandasnya. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions