Pages

Kamis, 31 Oktober 2013

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Waspada, Duduk Terlalu Lama Picu Gangguan Tulang Belakang
Oct 31st 2013, 10:03

Qalbinur Nawawi - Okezone
Kamis, 31 Oktober 2013 17:03 wib
detail berita
Duduk di depan komputer (Foto: Google)
JANGAN dikira duduk terlalu lama tak memberi efek negatif bagi tubuh. Kenyataannya, kebiasaan tersebut memicu gangguan tulang belakang pada tubuh Anda.

Saat bekerja banyak orang sering terlalu lama duduk, dimana bila orang tak melakukan peregangan kondisi itu bisa membuat saraf pada tulang belakang terjepit. Alhasil, bisa memunculkan rasa nyeri dan memengaruhi performa kerjaan di kemudian hari.

"Penyebab nyeri pada tulang belakang itu ada banyak, dan itu tergantung diagnosis saat wawancara medis. Tapi paling banyak back pain muncul karena otot kejang-kejang dan kaku, akibat duduk yang terlalu lama di depan monitor saat kerja. Sehingga kondisi itu membuat adanya penyempitan saraf di tulang belakang, dan muncul lah rasa nyeri," kata dr. Fachrisal Ipang SpOT (K), ahli bedah tulang belakang RS. Primiere Bintaro dalam acara yang bertema Media Gathering & Health Talk "Minimal Invasive Treatment Update in Spinal Disorder, di Hotel Grand Kemang lantai 3, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).

Kondisi itu bisa terjadi karena saat seseorang duduk, berat badan menumpu pada pinggang dan tulang belakang, dan pada saat otot pada bagian itu jarang digerakan akan  membuat otot jadi kejang dan kaku. Pada kondisi itulah seseorang rentan terhadap gangguan tulang belakang.

"Gangguan tulang belakang karena duduk saat kerja ada dua, pertama ia salah penggunaan tempat duduk. Dalam arti posisi duduknya salah, atau ada juga yang disebabkan karena duduk-duduk berjam jam, sehingga membuat otot jadi kaku. Kalau mau mengetes seperti apa rasanya? Simpel saja, coba duduk saat kerja dengan posisi salah, tidak membutuhkan waktu lama pasti rasa nyeri akan cepat muncul," terangnya. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions