Pages

Rabu, 30 Oktober 2013

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Want free Kindle ebooks?

Sign up to receive the best freebie Kindle ebook deals in your email every day.
From our sponsors
Hindari Penyakit Jantung? Berkebun Saja!
Oct 30th 2013, 08:17

BERKEBUN bukan sekadar hobi yang bisa membuat Anda merasa santai dan rileks. Aktivitas fisik sederhana ini ternyata juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik.
 
Penelitian baru yang dipublikasikan the British Journal of Sports Medicine telah menemukan bahwa berkebun bisa berdampak positif bagi kesehatan fisik. Para peneliti mengatakan bahwa berkebun dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke pada orang berusia 60 tahun atau lebih.
 
Sementara, para peneliti dari Swedish School of Sport and Health Sciences dan the Karolinska Institutet, Stockholm mengatakan bahwa berkebun atau kegiatan sejenis lainnya bisa berdampak baik seperti kegiatan lainnya. Hal ini karena berkebun dapat mengurangi kemungkinan Anda kurang aktif, terutama di kalangan usia lansia yang kurang aktif.
 
"Temuan kami sangat penting untuk orang dewasa atau tua, karena mereka yang pada usia tersebut cenderung kurang aktif secara fisik, dan merasa sulit mencapai intensitas olahraga yang direkomendasikan,"kata peneliti, dikutip Newsmaxhealth.
 
Temuan ini didasarkan pada analisis catatan medis dari hampir 4.000 orang berusia rata-rata 60 tahun di Stockholm selama 12 tahun. Pada awal penelitian, para lansia tersebut disertakan dalam pemeriksaan kesehatan, termasuk informasi gaya hidup, seperti diet, merokok, dan konsumsi alkohol serta bagaimana aktivitas fisik mereka.
 
Selain itu, para peserta juga diperiksa kesehatan jantungnya melalui tes laboratorium dan pemeriksaan fisik. Tujuannya adalah untuk memeriksa lemak darah, gula darah, dan faktor-faktor lain yang terkait dengan serangan jantung dan stroke.
 
Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kehidupan sehari-hari aktif berisiko lebih rendah terhadap penyakit kardiovaskular, terlepas dari seberapa sering mereka olahraga. Sementara, aktivitas fisik rutin dikaitkan dengan 27 persen risiko lebih rendah terkena serangan jantung atau stroke, dan penurunan risiko kematian sebesar 30 persen dari semua penyebab.
(ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions