Pages

Selasa, 29 Oktober 2013

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV 
Shop the Official Crayola Store

Find art supplies for outdoor play, coloring books for indoor play and lots more. Visit our colorful online store today.
From our sponsors
Mata Buruk Percepat Anjloknya Mental Lansia
Oct 29th 2013, 16:14

Posted: 29/10/2013 22:18

Mata Buruk Percepat Anjloknya Mental Lansia

(happy-giraffe.ru)

Liputan6.com, Memburuknya penglihatan jarak-dekat bisa mempercepat tingkat penurunan mental di kalangan orang dewasa tua. Begitu penemuan periset dari University of Texas Medical Branch di Galveston, Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan Journal of the American Geriatrics Society, dikutip Selasa (29/10/2013).

Berita Terkait

Dikatakan, di antara lebih dari 2.000 warga usia lanjut (lansia) di AS, mereka yang mengalami penurunan penglihatan jarak-dekat parah, cenderung memperlihatkan penurunan fungsi mental yang lebih cepat dalam waktu tujuh tahun.

Menurut Dr. Carlos A. Reyes-Ortiz, yang menjadi pemimpin penelitian, alasan kaitan antara keduanya tidaklah jelas. Namun, ia meyakini, pandangan jarak dekat yang buruk sangat membatasi lansia untuk melakukan aktivitas, termasuk melakukan olah mental seperti membaca dan mengisi teka-teki silang, sehingga berperan besar dalam penurunan kognitif. "Kurangnya stimulasi visual ke otak bisa mempengaruhi kemampuan kerja sel-sel saraf," katanya.

Di awal penelitian, pria dan wanita berusia di atas 65 tahun yang menjadi subjek penelitian itu diperiksa kerusakan penglihatannya. Mereka diminta untuk membaca sejumlah huruf dan angka sambil mengenakan kacamatanya. Dari situ didapati, 14 persen partisipan mengalami kerusakan penglihatan jarak dekat, dan 7 persen mengalami kerusakan jarak dekat maupun jarak jauh. Dari pemantauan yang kemudian dilakukan, mereka yang mengalami gangguan mata itulah yang dalam tempo tujuh tahun lebih cepat mengalami penurunan fungsi mental dibanding rekan sebaya.

Karena alasan itulah Dr. Reyes-Ortiz menyarankan untuk melakukan pemeliharaan mata secara teratur, terutama bagi mereka yang mulai memasuki lansia. Kelompok umur tersebut kata Dr. Reyes-Ortiz, rentan terhadap gangguan mata seperti glaukoma, katarak dan penyakit mata terkait dengan usia lainnya. "Kita perlu mengoreksi defisit ini sedini mungkin," ujar Dr. Reyes-Ortiz sambil menambahkan, tujuannya supaya lansia tetap bisa melakukan olah mental dengan membaca atau mengisi teka-teki silang.

(Abd)

Berita Rekomendasi

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions