Pages

Minggu, 01 Desember 2013

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Book your hotel early for a discount!

You can reap the rewards with great discounts at participating Pullman, M Gallery, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis and Formule 1 hotels.
From our sponsors
Agar Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal
Nov 30th 2013, 20:42

UNTUK anak bisa mencapai tumbuh kembang optimal, para orangtua tak hanya berfokus pada masa dua tahun awal saja. Tetapi hal itu harus dimulai dengan mencukupi gizi ibu saat masih mengandung.

 
Hal itu seperti disarankan Entos Zainal, MPHM, plh, Kasubdit Bina Gizi Makro, Direktorat Bina Gizi Kementerian Kesehatan RI. Dia menjelaskan bahwa mengetahui kapan gizi diperlukan merupakan salah satu hal penting untuk bisa mendukung tumbuh kembang anak mencapai optimal.
 
Kapan kecukupan gizi diperlukan? Hal itu bisa dimulai dari ibu hamil, kemudian memberikan ASI pada enam bulan awal dan memberikan MPASI yang tepat setelahnya.
 
"Kecukupan gizi ibu hamil itu, kalori harian harus cukup, protein, asam lemak, vitamin, dan mineral harus juga cukup. Kalau tidak, ibu hamil biasanya mengalami masalah seperti anemia," katanya dalam acara bertema "Kampanye dari Usia 1 bersama Scott's", Restoran Kembang Goela, Jakarta, belum lama ini.
 
"Yang jelas, secara kuantitas ibu hamil harus makan lebih banyak, yaitu satu setengah lebih banyak dari biasanya. Hal itu diperlukan bukan hanya untuk kebutuhan dirinya, tapi juga untuk janin dalam kandungan yang terus bertumbuh. Itulah alasannya," sambungnya.
 
Entos memaparkan, ibu hamil juga perlu mengonsumi daging untuk kebutuhan protein harian. Bila masyarakat mengalami kesulitan untuk mengonsumsi daging, mereka bisa juga mencari alternatif lainnya, seperti mengonsumsi tempe dan tahu.
 
Menurutnya, segala asupan yang diolah dari proses fermentasi seperti tempe dan tahu, akan lebih bagus diserap oleh pencernaan dan itu bagus untuk ibu hamil.
 
Kemudian, sambung Entos, omega-5 dan 6 yang ada pada ikan juga baik untuk kecukupan gizi ibu hamil. Terlebih bila dia secara teratur mengonsumsi suplemen zat besi.
 
 
Sementara itu bila anak sudah lahir, sebisa mungkin seorang ibu harus memberikan ASI (air susu ibu) dibandingkan susu formula saat enam bulan awal. Selanjutnya, kata Entos, saat anak sudah dibolehkan makan MPASI, para ibu harus mencair tekstur MPASi yang padat. Alasannya, karena bisa lebih memberikan energi yang baik untuk anak, dan mendukunga pertumbuhan dari sisi fisik tubuh dan otak bayi.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions