Pages

Selasa, 31 Desember 2013

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV 
Keep Your Child Ahead Of The Curve!

We've spent the last 12 years developing a system that successfully teaches kids to read.
From our sponsors
Catatan Dokter: Waspada `Virus` Berbahaya di 2014
Dec 31st 2013, 07:26

Posted: 31/12/2013 14:00

Catatan Dokter: Waspada `Virus` Berbahaya di 2014

(knowledge.allianz.com)

Liputan6.com, Jakarta : Tahun 2013 hampir berakhir. Banyak peristiwa kesehatan yang terjadi di tahun 2013, termasuk tentang kematian mendadak akibat kelelahan. Ketua PAPDI Jaya Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, mengingatkan memasuki 2014 waspadalah ada `virus` berbahaya.

Berikut Catatan Dokter:

Waspadai penyebaran "virus" Piala Dunia dan PEMILU 2014

Beberapa saat lagi tahun berganti, mari kita merenung sesaat apa perhatian besar kita dalam melihat masalah kesehatan yang ada ditengah masyarakat. Kematian mendadak yang merengut nyawa tiba-tiba merupakan peristiwa yang selalu menjadi perhatian. Berbagai kematian mendadak terjadi baik pada artis maupun non artis yang dihubungkan dengan faktor kelelahan.

Saya sendiri baru kehilangan kerabat yang berumur 47 tahun meninggal akibat serangan jantung saat bersepeda. Kecelakaan lalu lintas didominasi karena faktor manusia dan berhubungan dengan ngantuk dan kelelahan. Kematian mendadak juga terus terjadi akibat keracunan terutama pada anak-anak muda kita akibat mengkonsumsi minuman oplosan yang beralkohol. Di sisi lain masyarakat juga masih terpapar dengan makanan yang tidak sehat karena diawetkan oleh bahan beracun seperti formalin.

Laporan Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM) diakhir tahun 2013 menyebutkan bahwa makanan dan minuman yang beredar di masyarakat masih ada yang mengandung bahan beracun berbahaya yang membawa dampak gangguan serius pada masyarakat di masa datang.

Di tengah masyarakat, penyakit infeksi tropis seperti malaria dan demam berdarah juga masih mendominasi beberapa provinsi di Indonesia. Penyakit infeksi yang ditularkan oleh nyamuk ini bisa dicegah dan sebenarnya bisa dikendalikan. Tetapi pada kenyataannya kasus ini masih terus kita temukan di tengah masyarakat walau memang angka kematiannya bisa kita tekan karena sebagian besar masyarakat kita dan dokter-dokter kita sudah paham bagaimana menatalaksana penyakit ini.

Penyakit infeksi HIV AIDS masih merisaukan buat kita yang berada di Indonesia. Mengingat penyakit HIV AIDS masih mengalami pertumbuhan yang pesat di bumi tercinta, di mana di negara tetangga kita pertambahan kasus HIV AIDS tidak sepesat di negara kita. Penyakit infeksi lain yang juga endemis terjadi di tengah masyarakat dan bahkan bisa terjadi secara berulang-ulang adalah demam thypoid yang mudah terjadi pada orang-orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah akibat kelelahan. Kebiasaaan buruk masyarakat juga terus meningkat misal persentase orang merokok dari hasil Riset kesehatan Dasar (RISKESDAS) Depkes dari waktu ke waktu semakin meningkat, saat ini 1 dari 3 orang Indonesia merokok.

Berbagai peristiwa besar akan terjadi sepanjang tahun 2014 antara lain final sepakbola dunia di Brasil bulan Juni dan Juli 2014 dan aktivitas PEMILU Legislatif bulan Maret dan April 2014 dan PEMILU Presiden/Wakil Presiden tanggal 9 Juli 2014. Energi masyarakat pasti akan terkuras pada kedua peristiwa besar tersebut dan jika tidak waspada akan banyak korban akibat kedua peristiwa besar tersebut. Demam kedua `virus` tersebut sudah mulai terasa sejak akhir tahun 2013 ini.

Berita Rekomendasi

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions