Pages

Selasa, 31 Desember 2013

health.detik
Detik.com sindikasi 
The Best Way to Manage your Money.

Start using Mint today to set a budget, track your goals and do more with your money.
From our sponsors
Batasi Gula Hanya 5 Sendok Teh Per Hari Agar Jantung Sehat
Dec 31st 2013, 12:00

Jakarta, WHO mengeluarkan pedoman asupan gula harian bagi orang dewasa. Orang dewasa disarankan untuk mengurangi asupan gula setengah dari asupan sebelumnya, yakni dari sepuluh persen menjadi lima persen. Jumlah itu setara dengan lima sendok teh.

Para ahli sedang mempertimbangkan untuk membatasi asupan gula harian dari sepuluh sendok teh menjadi lima sendok teh. Hal itu karena asupan gula berlebih terkait dengan penyakit jantung, obesitas, dan kerusakan gigi. Kebijakan ini tentu saja akan mempengaruhi perusahaan-perusahaan makanan. Pasalnya mereka harus mengurangi komposisi gula, yang bisa saja membengkakkan biaya produksi dan membuat produk mereka tidak populer di kalangan konsumen.

Perlu diketahui bahwa satu kaleng Cola mengandung sepuluh sendok teh gula. Sebungkus permen coklat Mars mengandung lima sendok teh gula. Semangkuk sereal Coco Pops mengandung 4 sendok teh gula. Sedangkan beberapa makanan siap saji lainnya mengandung 8 sendok teh gula.

Philip James, pimpinan International Association for the Study on Obesity yang bekerja sama dengan WHO menuturkan bahwa anjuran tersebut dapat menuai banyak protes. "Industri makanan akan melakukan segala cara untuk menghancurkan anjuran ini," ujarnya.

Panduan itu menganjurkan untuk mengurangi jumlah gula yang ditambahkan ke dalam makanan, termasuk yang secara alami ada pada buah-buahan maupun pati, dari sepuluh persen menjadi lima persen per hari. Kebijakan ini hampir pasti akan diadopsi oleh Departemen Kesehatan namun sulit diterima oleh pelaku industri makanan.

Profesor Shrinath Reddy, seorang kardiologis di Harvard School of Public Health yang juga anggota WHO mengatakan ia juga setuju dengan jumlah rekomendasi itu. Pasalnya sudah ada studi yang membuktikan bahwa ada hubungan antara konsumsi minuman dan makanan manis tinggi gula terhadap obesitas, diabetes, dan bahkan gangguan jantung.

"Saya akan setuju terhadap rekomendasi untuk mengurangi (asupan gula) 5%," ujar Reddy sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Selasa (31/12/2013). Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
190457_gulats.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions