Pages

Selasa, 31 Desember 2013

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Thousands of Free eBooks

BookBub brings you free & bargain national bestselling eBooks in the genres of your choice! Sign up now & join 1.5 million happy readers.
From our sponsors
Penderita Diabetes Tak Sadari Risiko Kebutaan
Dec 30th 2013, 21:03

Berita Terkait

TEMPO.CO, New York - Kurang dari separuh penderita diabetes yang diberi tahu oleh dokter bisa mengalami masalah dengan penglihatan. Artinya, mereka juga kehilangan kesempatan untuk pengobatan yang bisa menyelamatkan penglihatan mereka.

Hasil riset terbaru dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa penderita diabetes dewasa bisa terkena kondisi diabetic macular edema (DME), yakni sebuah kondisi diabetes yang bisa menyebabkan kebutaan. Namun, penelitian menemukan hanya 45 persen dari responden yang mengaku mendapatkan informasi dari dokter mereka. Sedangkan hampir 30 persen dari mereka sudah kehilangan penglihatannya.

Menurut Dr Neil M Bressler, yang melakukan penelitian ini di Wilmer Eye Institute of Johns Hopkins University School of Medicine and Hospital di Baltimore, sangat penting untuk menangkap gejala DME lebih dini karena sebenarnya kondisi ini bisa diatasi. Hasil riset tersebut dipublikasikan di jurnal JAMA Opthalmology seperti dikutip situs Reuters edisi 24 Desember 2013.

Diabetes biasanya menyebabkan DME berupa penebalan pada retina mata. Perubahan ini bisa terdeteksi dengan uji mata yang melibatkan dilasi pupil mata. Namun jika tidak diobati, DME dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, banyak institusi kesehatan di Amerika Serikat merekomendasikan pemeriksaan tahunan rutin pada mata untuk memantau masalah penglihatan lebih dini pada mereka yang terkena diabetes. Namun, kebanyakan mereka yang mengidap diabetes tidak mendapatkan pengobatan mata yang tepat.

Survei yang dilakukan oleh tim peneliti Bressler melibatkan kuisioner dan penelitian fisik sehingga orang yang mengalami gangguan penglihatan bisa diidentifikasi meskipun mereka sendiri tidak menyadari perubahan yang terjadi pada penglihatan mereka.

Para peneliti menemukan 800 orang yang terlibat dalam survei yang menderita diabetes mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini, menurut Centers for Disease Control and Prevention di Amerika, dialami oleh 25,8 juta orang. Dari jumlah 800 orang itu, uji fisik menunjukkan bahwa 238 orang dengan kondisi diabetic retinopathy tanpa DME dan 48 orang lainnya mengalami DME.

Sekitar 60 persen dari mereka yang mengalami DME mengatakan bahwa mereka melakukan tes fisik mata dengan dilasi pupil tahun sebelumnya. Namun, hanya 45 persen dari mereka yang diberi tahu oleh dokternya bahwa ada perubahan di mata mereka.

"Hasil riset ini sangat penting karena menunjukkan bahwa banyak penderita diabetes yang tidak menyadari potensi atau risiko sebenarnya terhadap penglihatan mereka akibat diabetes yang dialami," ujar Dr Lee Jampol yang meneliti mengenai diabetes dan penglihatan di Northwestern University di Chicago. Oleh karena itu, baik pasien maupun paramedis seharusnya lebih peduli mengenai risiko terhadap penglihatan yang disebabkan diabetes.

"Setiap orang yang mengalami diabetes seharusnya dirujuk untuk mendapatkan layanan kesehatan yang memadai yang bisa mengevaluasi retina mata mereka terkait DME sehingga komplikasi yang bisa diobati untuk mencegah kehilangan penglihatan bisa dilakukan," ujar Bressler.

REUTERS I ARBA'IYAH SATRIANI

Berita lain:
Haul Gus Dur, Butet Mengolok-Olok Prabowo?

Sutarman: Ucapan Gus Dur Manjur

Kisah Rhoma Irama Lolos dari Pembunuhan

Kata Rhoma, Jokowi yang Mengajaknya Duet

Kebun Binatang Surabaya Terkejam di Dunia

Atut Chosiyah Bertahan di Paviliun Cendana

Dampak Merger Axis-XL bagi Negara Versi Tifatul

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions