Pages

Senin, 30 Desember 2013

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Ready to move beyond the basics?

Enroll in this advanced DSLR course to explore more creative scenarios, image editing, and videography.
From our sponsors
Gangguan Jam Biologis Internal Tubuh Sebabkan Diabetes?
Dec 30th 2013, 12:32

Helmi Ade Saputra - Okezone
Senin, 30 Desember 2013 19:32 wib
detail berita
Gangguan waktu tidur (Foto: Webmd)
ASUPAN makanan dan pola diet yang Anda jalani benar-benar memengaruhi kesehatan. Asupan makanan yang Anda konsumsi bisa saja menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya diabetes dan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa diet tinggi lemak memengaruhi mekanisme molekuler yang mengatur fungsi metabolisme dalam hati, sehingga menyebabkan gangguan irama sirkadian atau jam biologis internal. Seorang ilmuwan, UC Irvine telah menemukan bahwa gangguan irama sirkadian dapat menyebabkan penyakit gangguan metabolic, seperti diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Selanjutnya, Irvine menjelaskan bahwa ritme 24 jam sirkadian mengatur fungsi fisiologis mendasar di hampir semua organisme. Waktu sirkadian adalah sistem waktu dalam tubuh yang mengantisipasi perubahan lingkungam dan menyesuaikan diri dengan waktu yang tepat.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa perubahan ritme ini dapat memengaruhi kesehatan manusia. Hal ini karena 15 persen dari gen manusia diatur oleh pola ritme sirkadian siang-malam, termasuk gen yang terlibat pada jalur metabolisme di hati.

"Kabar baiknya, kembali ke diet rendah lemak dapat menormalkan irama. Dengan kata lain, ritme sirkadian mampu memprogram ulang dirinya sendiri tergantung pada kandungan nutrisi dalam diet," jelas Irvine, dikutip Medicalnewstoday.

Sementara itu, UC Irvine mengatakan bahwa para peneliti akan memperluas penelitian mereka. Tujuannya untuk melihat efek diet tinggi lemak terhadap komponen tubuh lainnya, termasuk otot, lemak, otak, dan plasma darah. (tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions