Pages

Rabu, 22 Januari 2014

Sindikasi lifestyle.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Lifestyle 
#1 Web Template Generator

Use Artisteer automated web designer to create beautiful web designs in minutes. No technical skills required.
From our sponsors
Deretan Masalah Sering Dihadapi Freelancer
Jan 22nd 2014, 07:21

SAAT ini ada sebagian banyak orang yang menggeluti dunia pekerja lepas atau biasa disebut freelancer. Mereka bekerja tanpa ada tekanan dari bos dan tanpa harus di kantor selama sembilan jam.
 
Walaupun model pekerjaan ini tampaknya asyik dilakukan, namun ternyata ada berbagai masalah yang kerap timbul. Berikut ini Idiva menjabarkan beberapa permasalahan yang seringkali ditemui para freelancer.

Sering bertemu distraksi

Dengan menjadi seorang freelancer kemungkinan besar Anda akan mendapatkan porsi pekerja kantoran yang sama. Hanya saja, Anda tidak perlu pergi ke kantor dan melakukan pekerjaan di sana. Freelancer adalah seorang bos yang melakukan apa-apa sendiri, jangan coba-coba untuk multitasking dengan mengambil pekerjaan yang bukan dari latar belakang minat dan bakat Anda. Jangan mudah terganggu dengan apa pun, baik itu tawaran menggiurkan atau bersikap santai terhadap pekerjaan yang sedang dipegang. Mulailah mengatur waktu dengan baik, agar para klien puas dengan hasil kerja Anda.

Pekerjaan sudah selesai invoice belum turun juga

Anda mungkin pontang-panting saat mengerjakan proyek yang ditawarkan, namun pembayaran belum juga cair. Cobalah untuk mengerjakan tugas saat mereka membayar uang muka. Atau cobalah mengirim e-mail baik-baik kepada klien bahwa ada beberapa hal yang wajib Anda bayarkan untuk keperluan tagihan bulanan.

Takut tidak jelas

Salah satu permasalahan terbesar dari seorang freelancer adalah menghadapi ketakutan yang tidak jelas juntrungannya. Pekerjaan seorang freelancer tidak menjamin proyek akan lancar dan banyak yang datang. Menjadi seorang pekerja lepas dapat membuat pikiran Anda carut-marut. Cobalah untuk datang ke beberapa sahabat yang memiliki perusahaan dan mau menerima Anda sebagai seorang freelancer atau kontributor. Dijamin, ketakutan tersebut akan berakhir.

Dapat proyek tidak menarik

Hal ini pasti akan Anda alami, mendapatkan proyek atau pekerjaan yang kurang menarik. Apalagi dengan biaya yang kurang mampu menutupi kebutuhan sehari-hari maupun bulanan. Saat Anda mendapatkan kejadian tersebut, cobalah untuk fokus dan jangan mengedepankan emosi karena pekerjaan yang Anda dapati tidak menyenangkan.

Banyak saingan

Seorang freelancer akan menghadapi berbagai macam orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan proyek dengan skala besar. Cobalah untuk menganalisa kelebihan apa yang Anda miliki, misalnya Anda adalah seorang penulis, carilah beberapa media yang menyediakan ruang untuk contributor. Dengan begitu, Anda akan terselamatkan dari persaingan.

Perjuangan keras untuk meyakinkan klien

Jika Anda belum cukup memiliki pengalaman ini akan sulit. Anda harus berjuang keras untuk meyakinkan klien mampu mengerjakan apa yang mereka perintahkan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions