Pages

Rabu, 22 Januari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Book your hotel early for a discount!

You can reap the rewards with great discounts at participating Pullman, M Gallery, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis and Formule 1 hotels.
From our sponsors
Risiko-Risiko Kesehatan saat Cuaca Dingin
Jan 22nd 2014, 06:31

Qalbinur Nawawi - Okezone
Rabu, 22 Januari 2014 13:31 wib
detail berita
Terkena flu, (Foto: Corbis)
CUACA dingin yang dihasilkan dari musim hujan saat ini, jadi tantangan tersendiri bagi semua orang untuk beraktivitas. Apalagi, cuaca dingin juga memunculkan risiko kesehatan bagi seseorang. Benarkah?

Saat cuaca dingin, daya tahan tubuh seseorang cenderung menurun. Pada kondisi itu, seseorang dihadapkan kemungkinan ancaman berbagai kesehatan.Tak sedikit yang akhirnya jatuh sakit karena disebabkan flu dan kedinginan.  
Namun, masih ada lagi risiko yang mengancam pada musim hujan. Untuk mengetahuinya, simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini seperti dilansir Menshealth.
 
 
Otak Anda bisa membeku
 
Tentu Anda pernah orang mendengar orang meninggal karena hipotermia. Claude Piantadosi MD, pengarang buku The Biology of Human Survival: Life and Death in Extreme Environments, menerangkan bahwa saat tubuh mencapai suhu yang membuat Anda menggigil, saat itulah kemampuan berpikir dan pengambilan keputusan Anda terganggu. Sementara itu, seberapa orang bisa bertahan dalam cuaca dingin, hal itu disebabkan faktor tinggi, berat badan, persentase lemak tubuh.
 
Solusi: Pakailah pakaian berlapis bahkan untuk kaki Anda. Selain itu, alas kaki dan topi yang tepat juga bermanfaat untuk mengahalau rasa dingin.
 
 
Anda lebih rawan cedera
 
Saat tubuh terpapar cuaca dingin, pembuluh darah menyempit dan fungsinya untuk mengedarkan darah ke otot pun tak optimal. Artinya, anggota tubuh Anda merasa kaku atau tak akan fleksibel. Akibatnya, kondisi itu berisiko membuat Anda cedera, keseleo dan lain sebagainya, kata Scott Smith, MD, ahli bedah ortopedi untuk Texas Orthopedics  di Austin
 
Solusi: Dr. Smith menyarankan bahwa bila Anda tak tahan dengan treadmill, lakukanlah peregangan agar tubuh berkeringat. Selain itu, Anda bisa bergerak dinamis seperti jogging lambat sampai berkeringat. Alhasil, tubuh Anda pun akan terasa hangat.
 
Cuaca dingin bisa menyebabkan flu dan kedinginan
 
Amesh Adalja MD, dokter penyakit menular di University of Pittsburgh, menjelaskan bahwa cuaca dingin tak hanya membuat flu. Bahkan juga bisa menyebabkan daya kedinginan. Di sisi lain, virus flu mudah menular kepada orang lain
 
Solusi : Cucilah tangan sesering mungkin agar menghindari risiko sakit. Hal itu penting dilakukan, terlebih jika Anda belum mengambil vaksinasi flu.
(ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions