Pages

Rabu, 01 Januari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Thousands of Free eBooks

BookBub brings you free & bargain national bestselling eBooks in the genres of your choice! Sign up now & join 1.5 million happy readers.
From our sponsors
Hari Ini, JKN Resmi Diluncurkan
Dec 31st 2013, 19:10

Helmi Ade Saputra - Okezone
Rabu, 1 Januari 2014 02:10 wib
detail berita
Ilustrasi JKN (Foto: dok Okezone)
JAMINAN Kesehatan Nasional (JKN) akan dimulai pada 1 Januari 2014. Jaminan sosial ini bertujuan agar semua penduduk Indonesia terlindungi dalam sistem asuransi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau.

Selain itu, JKN juga mempunyai prinsip gotong royong, yaitu orang yang kaya membantu yang miskin, dan orang yang sehat menolong orang yang sakit. Kepersertaan asuransi ini juga bersifat wajib, artinya mereka yang mampu ikut, dan penduduk yang miskin mendapat bantuan pemerintah.

"Rencananya 1 Januari 2014 mulai dilaksanakan di Indonesia. Untuk tahap pertama, sudah dipastikan yang menjadi peserta JKN adalah masyarakat tidak mampu yang masuk dalam penerima bantuan iuran (PBI), anggota TNI/Polri dan pensiunannya, pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunannya, dan peserta jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) Jamsostek,"demikian yang tertulis dalam rilis dari Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan RI yang diterima redaksi Okezone, baru-baru ini.

Setiap penduduk tanpa terkecuali pun wajib menjadi peserta JKN yang diperkirakan merata bagi seluruh rakyat Indonesia pada 2019. Hal ini karena jaminan kesehatan memang sangat diperlukan saat seseorang jatuh sakit, karena dapat meng-cover beragam penyakit yang mungkin muncul.

Sementara itu, bagi seluruh penduduk yang belum masuk peserta JKN agar mendaftar ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terdekat tepat 1 Januari 2014 nanti. Namun, mulai sekarang masyarakat yang hendak mendaftar menyiapkan foto copy KTP dan kartu keluarga, serta lembar pas foto berwarna ukuran 3X4. (ind)

Berita Terkait : JKN

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions