Pages

Jumat, 17 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Jenkins CI - #1 CI Tool

Why did the build break? What's making your tests fail? Jenkins Continuous Integration manages the entire dev lifecycle process. Sign up for a free trial.
From our sponsors
Lensa Kontak Pintar, Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Hanya dari Air Mata
Jan 17th 2014, 05:17

Jakarta, Pasien diabetes harus rutin mengecek kadar gula darah agar penyakitnya bisa terkontrol dengan baik. Agar tak terus-menerus menusuk ujung jari untuk mengambil sampel darah, kini ada lensa kontak pintar yang bisa mengontrol gula darah hanya menggunakan air mata.

Lensa kontak pintar buatan Google ini ditujukan untuk pasien diabetes. Dengan menggunakan analisis air mata, penggunanya akan mendapat peringatan saat kadar gula darahnya lebih rendah atau lebih tinggi.

"Anda mungkin pernah mendengar bahwa diabetes merupakan masalah besar dan terus berkembang, yang mempengaruhi 1 dari 19 orang di planet ini," jelas Google dalam sebuah posting blog yang mengumumkan penelitian, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (17/1/2014).

Gula darah yang tidak terkontrol dapat menempatkan pasien diabetes pada risiko berbagai komplikasi yang berbahaya, seperti kerusakan pada mata, ginjal dan jantung.

Lensa kontak pintar ini dapat mengukur kadar glukosa dalam air mata menggunakan chip nirkabel kecil dan miniatur sensor glukosa yang tertanam di antara dua lapisan bahan lensa kontak lunak. Prototip menghasilkan pembacaan sekali per detik.

Google juga menyelidiki potensi untuk melayani peringatan dini bagi pemakainya, mengintegrasikan lampu LED kecil yang bisa menyala untuk menunjukkan bahwa kadar glukosa telah melintas di atas atau di bawah ambang batas tertentu.

"Ini masih hari-hari awal untuk teknologi ini, tapi kami telah menyelesaikan beberapa studi penelitian klinis yang membantu untuk memperbaiki prototipe kami. Kami berharap suatu hari nanti bisa mengarah pada cara baru bagi orang-orang dengan diabetes untuk mengelola penyakit mereka," ujar Brian Otis dan Babak Parviz, co-founder projek.

(mer/vit)

Ikuti detikHealth Reader's Choice dan dapatkan hadiah sepeda Polygon, alat pengukur gula darah, dan hadiah menarik lainnya. Yuk, klik di sini 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
121902_lensakontakpintargoogle.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions