Pages

Rabu, 22 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Book your hotel early for a discount!

You can reap the rewards with great discounts at participating Pullman, M Gallery, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis and Formule 1 hotels.
From our sponsors
Apakah TBC yang Telah Dinyatakan Sembuh Masih Bisa Menular?
Jan 22nd 2014, 07:15

Konsultasi Kesehatan Bersama

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes


dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Kebon Jeruk - Siloam Karawaci Hospital
Jakarta, Dok, saya dulu pernah menderita penyakit TBC, dan dilakukan pengobatan rawat jalan selama lebih kurang 10 bulan di rumah sakit daerah. Setelah menjalani pengobatan selama 10 bulan, saya lalu dicek lab dan rontgen paru-paru, yang mana dinyatakan sembuh (TBC tidak ada lagi).

Yang saya tanyakan. Apakah saya yang sudah sembuh ini masih bisa menularkan penyakit tersebut? Karena istri saya takut berdekatan/tidur sama saya, hal ini karena istri saya dapat info dari saudaranya bahwa penyakit tersebut masih bisa menular walau sudah sembuh. Apakah perihal tersebut benar?

Saya mohon penjelasannya dokter. Atas perhatian Dokter saya ucapkan terimakasih.

Nanda Eka Putra (Laki-laki menikah, 34 tahun)
yudipermataXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 167 cm, berat badan 37 kg

Jawaban

Dear Eka,

Penyakit TBC bila sudah menjalani terapi dengan baik dan kontrol teratur, dan telah dinyatakan sembuh oleh dokter umumnya sudah tidak menularkan kecuali pada kondisi di mana kuman TBC sudah resisten dengan obat yang diberikan, maka keadaan ini dapat menularkan. Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Kebon Jeruk - Siloam Karawaci Hospital

(hrn/vit)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
093246_152709_batukts.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions