Pages

Minggu, 29 Desember 2013

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
Liburan, Langit Ajak Mahasiswa Buat Novel
Dec 28th 2013, 20:27

Berita Terkait

TEMPO.CO , Jakarta:Penulis novel sejarah, Langit Kresna Hariadi membuka rahasianya dalam membuat novel yang memikat kepada puluhan mahasiswa jurusan  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. "Gunakan seluruh panca indra untuk reportase. Agar tulisan memiliki ruh," katanya.

Langit mengatakan, sebuah cerita membutuhkan imajinasi penulis, dramatisasi, dan konflik untuk menghidupkan suasana dan cerita yang disusun. Mahasiswa itu pun diajak disiplin menulis setiap hari berdasarkan ide besarnya. Jika setiap hari menulis dua halaman, novel siap didistribusikan hanya dalam tempo enam bulan.

Bekas penyiar radio ini memotivasi mahasiswa rajin dan fokus menyelesaikan novel. Menurutnya, menulis novel harus dilatih setiap saat. "Menulis bukan bakat, tapi bisa dilatih dan dipelajari," katanya."Menulis itu ibarat menjadi pekerja dan bos sendiri."

Langit sendiri mengaku membuat 10 lembar tulisan novel setiap hari. Menulis novel lebih santai karena bisa dilakukan di rumah dan bisa terus berinteraksi dengan keluarga.

Adapun novel sejarah membuat para pelajar dan mahasiswa mudah mempelajari sejarah. Kemasan dan tulisan harus dibuat memikat anak muda.

Langit terkenal lewat novel roman Gadjah Mada. Beberapa novel karya Langit lainnya antara lain: Candi Murca dan Perang Paregrek. Novel terbarunya berjudul Teror yang menceritakan tentang aksi terorisme di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

EKO WIDIANTO

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions