Pages

Rabu, 15 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Use GarageBand in Just 1 Hour

Learn to create music in GarageBand and become the Beethoven you've wanted to be. This online course is just $30. Sign up today!
From our sponsors
Perhatikan Betul-betul, Tidak Ada 'Ujian Ulang' untuk Bentuk Otak Anak
Jan 15th 2014, 07:15

Jakarta, 1.000 Hari pertama kehidupan adalah masa-masa yang penting bagi anak. Sebab kurun waktu itu menjadi fase awal yang menentukan tumbuh kembang otak anak. Karena tidak ada ujian ulang untuk membentuk otak anak, maka orang tua harus benar-benar memperhatikannya.

"1.000 Hari pertama kehidupan yang berjalan sejak di dalam kandungan hingga usia dua tahun merupakan periode kritis yang menjadi masa awal yang menentukan tumbuh kembang otak anak," ujar dr Ahmad Suryawan, Sp.A(k), ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo, pada acara peluncuran Mommychi di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Massa 1.000 hari pertama dihitung sejak 280 hari dalam kandungan dan 720 hari ketika ia lahir hingga usia dua tahun. dr Ahmad menambahkan bahwa keunikan periode kritis ini terletak pada dua hal yaitu periode ini merupakan masa saat sirkuit jaringan otak terbentuk hingga 80 persen dan periode kritis ini hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Sehingga selama periode ini si kecil harus benar-benar terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak yang berakibar permanen sepanjang usia.

"Pada periode itu, saat perkembangan otak anak terbentuk, anak harus mendapatkan gizi yang cukup, karena periode pembentukan otak dalam 1000 hari pertama itu tidak dapat diulang, dan tidak ada ujian ulangnya untuk membentuk otak anak," tambah dr Ahmad.

Untuk memudahkan memonitor kesehatan ibu dan anak sejak awal masa kehamilan dan sepanjang 1.000 hari pertama, diluncurkan aplikasi Mommychi oleh PT Kalbe Farma Tbk. Aplikasi yang bisa diunduh melalaui gadget android ataupun ios ini memiliki fitur umum seperti games, tanya dokter, grafik tumbuh kembang dengan status gizi, dan musik.

"Oleh karena itu, bagi ibu dan wanita karir yang tidak selalu ada di rumah untuk memantau tumbuh kembang anak, Anda dapat menggunakan aplikasi Mommychi untuk memonitoring perkembangan anak Anda dan menciptakan anak tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat," ucap dr Ahmad.

(vit/up)

Ikuti detikHealth Reader's Choice dan dapatkan hadiah sepeda Polygon, alat pengukur gula darah, dan hadiah menarik lainnya. Yuk, klik di sini 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
bayinangisthinkstock.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions