Pages

Kamis, 16 Januari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Kiat Sederhana Hindari Penyakit di Musim Hujan
Jan 16th 2014, 07:31

DAYA tahan tubuh seseorang di musim pancaroba seperti sekarang ini dapat menurun. Hal itu menyebabkan berbagai ancaman jenis penyakit.

Direktur RS Puri Cinere dr Judiwan Maswar memiliki resep jitu untuk tetap sehat di musim hujan. Penyakit gangguan pernapasan misalnya, bisa dicegah dengan mengonsumsi multivitamin. Bila dikonsumsi secara tepat multivitamin dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit.

Kemudian untuk penyakit flu dan demam, dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan. Nutrisi yang cukup  akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.  Jaga kesehatan, jaga asupan makanan serta sesuaikan aktivitas dengan istirahat yang cukup.

"Sementara untuk penyakit diare, dapat diegah dengan selalu menjaga kebersihan. Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut adalah yang terjamin kebersihannya. Artinya, selain harus lebih higienis dalam mengolah   dan menyiapkan makanan di rumah, sebaiknya jangan jajan sembarangan," paparnya.

Judiwan juga memberikan tujuh solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat, di antaranya :

1. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang  cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.  Istirahat yang cukup (usahakan tidur 6-8 jam sehari).

2. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selama 30 menit.

3. Konsumsi minuman suplemen yang tepat. Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang.  Pilih makanan yang cukup mengandung vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12.

4. Kelola stres dengan baik. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

5. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.

6. Menjaga kebersihan makanan dan minuman, membersihkan sesudah buang air besar atau menjelang makan serta menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, semut.

7. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke Dokter.

"Lakukan tip di atas secara rutin dan berkelanjutan, semoga kita akan terhindar dari penyakit di peralihan musim," tutupnya. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions