Pages

Jumat, 17 Januari 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Selling event tickets?

Ticket Cake is the easiest way to sell more tickets online. They will help market & make sure your events are reaching their potential. Get started now.
From our sponsors
Konsumsi Ikan Panggang Cegah Alzheimer
Jan 17th 2014, 02:08

Helmi Ade Saputra - Okezone
Jum'at, 17 Januari 2014 09:08 wib
detail berita
Makan ikan (Foto: Google)
KETIKA memasuki usia dewasa, asupan makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan fungsi kognitif otak sangatlah penting. Untuk menjaga kesehatan fungsi kognitif otak Anda dapat mengonsumsi ikan setidaknya sekali dalam seminggu. Apa pasal?

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu memiliki volume lebih besar pada materi abu-abu di daerah otak. Para peneliti dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa hal tersebut penting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa orang dewasa tua yang makan ikan panggang atau dikukus menunjukkan tingkat lebih lambat mengembangkan demensia atau gangguan koginitf ringan. Para peneliti mengatakan bahwa 31 persen dari subjek penelitian yang tidak mengonsumsi ikan mengalami penurunan kognitif, sedangkan peserta yang mengonsumsi ikan hanya 3,2 persen.

Menurut Elizabeth Johnson, Ph.D dari the Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, salah satu komponen dari ikan yang dapat meningkatkan fungsi otak adalah asam lemak omega-3 atau DHA. Ia mempelajari efek antara DHA dan DHA lutein menunjukkan perbaikan dalam memori dan belajar, serta meningkatkan fungsi kognitif.

Sementara itu, peneliti dari the Richardson Center for Functional Foods and Nutraceuticals di the University of Manitoba, Leah Gillingham Ph.D mengatakan bahwa makan-makanan yang lebih banyak mengandung DHA pada ikan akan meningkatkan materi abu-abu di otak.

"Kandungan DHA pada ikan memainkan peran penting dalam struktural otak dan memiliki peran dalam resolusi peradangan,"jelas Gillingham, dikutip Detroitnews.

Untuk memeroleh manfaat dari mengonsumsi ikan, pilihlah ikan dengan pengolahan dipanggang atau dikukus yang tinggi asam lemak omega-3. Ikan-ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi di antaranya adalah salmon, sarden, dan tuna. (ind)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions