Pages

Jumat, 17 Januari 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Obati Ambeien, Gangren Super Langka Malah Serang Pria Ini
Jan 17th 2014, 04:01

Jakarta, Awalnya pria ini hanya didiagnosis mengidap ambeien biasa. Untuk mengobatinya, dokter menawarinya prosedur 'rubber band ligation' yang diklaim dapat mengurangi rasa nyerinya. Namun ternyata prosedur ini memberikan efek samping tak biasa pada si pasien, berupa gangren super langka.

Dalam prosedur 'rubber band ligation', semacam perban elastis kecil dililitkan di dasar hemorrhoid, yaitu jaringan pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak. Perban itu membatasi aliran darah ke anus sehingga ambeiennya mengecil dan sembuh dalam beberapa hari.

Namun malang bagi pria asal Inggris ini. Setelah melakukan prosedur ini, ia malah terkena komplikasi langka berupa gangren. Ia sempat menduga bila rasa nyeri yang dialaminya setelah menjalani prosedur itu adalah hal normal sehingga ia tak keburu mencari bantuan medis.

Empat hari pasca prosedur, pria yang dirahasiakan identitasnya tersebut mengaku nyerinya semakin menjadi-jadi, dan pembuluh darah yang membengkak di anusnya juga makin parah.

Namun baru dua minggu kemudian ia mendatangi UGD. Saat itu anusnya sudah infeksi, bahkan telah berkembang menjadi gangren atau jaringan tubuh yang mati.

"Bila pasien segera mencari bantuan medis ketika nyerinya pertama kali terasa, infeksinya mungkin bisa disembuhkan dengan antibiotik saja, tanpa perlu operasi," tandas Dr. Daryl Subramaniam, seorang dokter bedah dari Royal Sussex County Hospital, East Sussex yang menangani pria ini.

Tapi sudah terlambat, ketika diperiksa, jaringan mati telah terlihat sehingga dokter tak punya pilihan selain mengoperasi pria ini.Next

Halaman 1 2
(lil/vit)

Ikuti detikHealth Reader's Choice dan dapatkan hadiah sepeda Polygon, alat pengukur gula darah, dan hadiah menarik lainnya. Yuk, klik di sini 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
110338_125828_bungkuk.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions