Pages

Kamis, 19 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
At Home Yoga Retreat

Everything you need to enjoy a weekend yoga retreat in your own home!
From our sponsors
Berkat Video Selfie, Wanita Ini Selamat dari Serangan Mini Stroke
Jun 19th 2014, 06:00

Toronto, Foto atau video selfie selama ini bisa dikatakan menjadi ajang narsis bagi beberapa orang dengan tampil dalam berbagai pose di depan kamera. Tapi di tangan wanita bernama Stacey Yepes, video selfie yang dibuatnya berbeda dari video selfie kebanyakan.

Ya, bagaimana tidak. Stacey yang berasal dari Toronto ini kerap mengalami gejala stroke selama tiga hari. Nah, untuk memudahkan diagnosa dokter, ia pun merekam gejala stroke yang ia rasakan ketika mengemudi.

"Sensasi ini terjadi lagi, kesemutan terasa di bagian tubuhku sebelah kiri. Aku tidak tahu mengapa hal ini bisa terjadi padaku," tutur Selfie dalam videonya seperti dikutip dari CNN, Kamis (19/6/2014).

Benar saja, keesokan harinya saat memeriksakan diri ke Toronto Western Hospital, dokter merasa terbantu saat menemukan diagnosa bahwa Stacey mengalami serangan transient ischemic atau mini stroke akibat penumpukan plak di arterinya.

Saat ini, Stacey sudah mendapat obat penurun kolesterol dan pengencer darah sehingga ia bisa aman dari serangan mini stroke. Dikatakan Stacey, dua hari sebelum mengambil video selfie ia sempat ke IGD di salah satu RS di Toronto karena mengeluh wajahnya mati rasa dan bibirnya tidak simetris.

"Tapi dokter mengatakan hasil pemeriksaan stroke-ku negatif dan menasihatiku untuk melatih teknik pernapasan. Menurutku itu tidak efektif karena dua hari kemudian aku mengalami gejala mini stroke tambahan ini ketika aku akan meninggalkan lapangan parkir di RS," terang wanita yang bekerja di bidang hukum ini.

Saat itulah ia berpikir harus segera melakukan sesuatu karena apa yang ia alami bukan terkait dengan stres. Lewat rekaman video selfie ia ingin menunjukkan pada orang lain apa yang sebenarnya terjadi. Setelah menunjukkan video tersebut pada rekan kerjanya, Stacey lantas disarankan untuk segera ke dokter.

Menanggapi hal ini, dr Markku Kaste dari World Stroke Organization mengatakan Stacey sangat beruntung masih bisa selamat. Menurutnya ketimbang harus memvideokan gejala yang ia rasakan, segera temui dokter ketika Anda merasakan atau menduga mengalami gejala stroke.

Seperti yang dialami Stacey, Centers for Disease Control and Prevention mengungkapkan beberapa gejala stroke adalah mati rasa tiba-tiba, kebingungan, dan sulit berjalan. Jika merasakan gejala itu segeralah meminta bantuan karena hanya dalam waktu singkat, gejala stroke bisa makin parah misalnya tangan menjadi lemah atau sulit bicara.

(rdn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
130157_staceyyepescnn.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions