Pages

Senin, 30 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Web design for beginners/

In this course, we cover many aspects of creating content for the web, from concept to production.
From our sponsors
Suhu Tubuh dapat Meningkat Hanya dalam 10 menit Akibat Heatstroke
Jun 30th 2014, 08:13

Jakarta, Memasuki musim panas, tubuh juga akan mengalami perubahan temperatur ke suhu yang lebih tinggi. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, bisa-bisa Anda terserang heatstroke.

Seperti dilansir dari CNN, Senin (30/6/2014), normalnya manusia memiliki temperatur tubuh sekitar 37 derajat Celcius. Heatstroke atau sengatan panas dapat membuat temperatur tubuh meningkat menjadi 41 derajat Celcius atau lebih hanya dalam waktu 10 sampai 15 menit.

Gejala heatstroke juga termasuk kurangnya keringat, pusing, mual, dan muntah-muntah. Heatstroke menyebabkan kulit memerah dan mempercepat kerja nadi. Jika tidak ditangani dengan cepat, heatstroke dapat mengakibatkan kematian atau cacat permanen.

Orang yang sudah tua dan anak-anak memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk terkena serangan ini. Para ahli mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki masalah di hati, ginjal, dan jantung harusnya lebih berhati-hati terhadap panas.

Jika seseorang terserang heatstroke, penanganan yang tepat adalah dengan memindahkan mereka ke tempat yang lebih dingin sekaligus memberikan baju yang basah atau lembab untuk menurukan temperatur badan mereka. Jangan lupa untuk tidak memberikan korban zat cair apapun.

"Jika Anda memberikan mereka penangan yang sangat cepat, mereka akan bertahan," imbuh Dr. Janyce Sanford, Ketua Studi Ilmu Gawat Darurat University of Alabama, Birmingham.

Penangan pasien berfokus pada pendinginan suhu tubuh menjadi normal. Sanford mengatakan, para staf kesehatan akan menyemprotkan air dingin dan mengarahkan kipas angin ke pasien. Hal ini dilakukan agar pasien memiliki aliran udara yang jelas, bernafas dan memiliki sirkulasi udara normal.

Untuk menurunkan temperatur tubuh, pakaian pasien juga biasanya akan diganti. Cara lain untuk menurunkan suhu tubuh pasien adalah dengan memasukkan cairan dingin ke pembuluh darahnya.

Ada beberapa cara untuk melindungi diri kita dari paparan sinar matahari yang terlalu panas. Jika memang harus bekerja di luar ruangan, hindari bekerja pada saat waktu 10 pagi hingga 6 sore. Minumlah air setiap setengah jam dan beristirahatlah di tempat yang lebih dingin. Gunakan pakaian yang tidak tebal, warna yang terang, dan gunakan topi yang lebar.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
151635_158324809.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions