Pages

Senin, 30 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Explore Cafepress

Name anything in the world, and we'll show you hundreds of products that celebrate it. Or, you can design your own.
From our sponsors
Hati-hati Positive Thinking Tidak Selalu Membawa Manfaat
Jun 30th 2014, 06:14

Jakarta, Berpikiran positif atau positive thinking sering diartikan orang yaitu menghadapi situasi sulit dengan mengambil fokus pada yang baik dalam setiap situasi dan memasang wajah gembira agar tidak terjebak stres. Namun seberapa efektifkah hal tersebut?

Kenyataannya tidak demikian, para ahli mengatakan salah paham tentang arti positive thinking ternyata dapat membawa lebih banyak kerugian daripada manfaatnya.

Saat seseorang menghadapi masa sulit, kalimat penyemangat diri seperti "lihat sisi baiknya" atau "fokus yang baiknya saja" terkadang sering diucapkan. Cara ini dipercaya adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri, menemukan kebahagiaan, dan bahkan mencegah beberapa penyakit mental seperti depresi.

Menurut psikolog dari Universitas Sydney, Anthony Grant, definisi berpikir positif sering disalahpahami. Grant mengatakan bahwa mencoba untuk menjadi optimistis berlebih sangat tidak realistis dan umumnya membuat keadaan menjadi lebih buruk dalam jangka panjang.

"Berpikir positif tidak akan berpengaruh. Ketika orang tidak membiarkan diri mereka untuk berpikir tentang masalah, kesedihan, dan emosi lain selain kebahagiaan, itu tidak akan membantu sama sekali," ujar Grant seperti dikutip dari ABC, Senin (30/6/2014).

Penelitian pada tahun 2009 yang berjudul "Positive Self-Statements Power for Some, Peril for Others" oleh Joanne Wood dan rekannya menunjukkan dampak dari berpikir positif. Studi memperoleh kesimpulan pernyataan diri positif hanya memperbaiki suasana hati dan kesejahteraan pada orang-orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
184686010.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions