Pages

Minggu, 29 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Begadang Nonton Bola Lebih Sehat dengan Kacang
Jun 29th 2014, 09:26

Jakarta, Begadang sambil menyaksikan piala dunia kurang lengkap rasanya tanpa ada makanan pendamping, namun tidak semua makanan bisa dijadikan selingan. Beberapa bahan makanan ternyata memiliki efek yang buruk bagi tubuh jika dijadikan selingan malam.

Makanan seperti keripik dan bahan makanan goreng lainnya jika dijadikan selingan akan berdampak meningkatnya kolesterol pada tubuh seperti yang dikatakan oleh Nutrisionis Nutrifood, Mochamad Aldis Rusliadi, SKM. Semakin malam metabolisme tubuh akan semakin berkurang sehingga tubuh tidak memerlukan banyak asupan makanan pada saat itu.

"Begadang biasanya dibarengin sama cemilan, kaya soft drink kan tinggi banget gulanya. Selain gula, juga tinggi lemaknya seperti potato chip. Semakin malam metabolisme kan semakin turun, harusnya istrihatat tapi ini malah memupuk kalori. Kalori yang tidak terpakai akan disimpan jadi lemak meningkatkan resiko obesitas," ujar Aldis saat dihubungi via telepon, seperti ditulis Minggu (29/6/2014).

Selain itu Aldis juga memberikan komentarnya terkait makanan kacang-kacangan yang umum dijadikan makanan pendamping begadang.
Menurutnya kacang dapat menjadi makanan pendamping yang baik jika pengolahannya tepat. Banyak produk kacang-kacangan yang telah dikemas memiliki kandungan garam tinggi yang berkaitan dengan bahaya hipertensi.

"Kacang mengandung asam lemak tidak jenuh bagus untuk jantung. Kacang yang baik itu yang direbus, kukus, atau disangrai. Saya tidak merekomendasikan sukro, mending kacang tanah yang ada kulitnya. Kalau sukro digoreng ada tepungnya juga yang bikin kalori tambah tinggi," kata Aldis.

Selain kacang-kacangan, bahan makanan lain yang dapat dijadikan selingan saat begadang menyaksikan bola adalah buah. Buah baik untuk tubuh karena dapat menurunkan kolesterol.

"Coba makan buah tapi yang rendah gula, buah-buahan kering seperti kismis dan kurma kadar gulanya tinggi. Softdrink kurangi saja, lebih baik air putih. Kalau mau pakai salad jangan pake mayo, dressingnya pake yoghurt non-fat atau olive oil," lanjut Aldis memberikan saran tambahan.

Kebiasaan begadang sebaiknya dikurangi. Aldis mengatakan begadang tidak baik untuk tubuh karena mengurangi kebutuhan istirahat tubuh yang dapat berakibat kepada penyakit-penyakit degeneratif. Terlebih apabila begadang diselingi juga dengan aktivitas makan.

"Sakit yang efeknya langsung paling begah atau perut rasanyanya tidak enak. Habis makan langsung tidur, dari lambung makanan tadi bisa balik ke kerongkongan," tutup Aldis.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
162736_480247773.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions