Pages

Minggu, 29 Juni 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Book your hotel early for a discount!

You can reap the rewards with great discounts at participating Pullman, M Gallery, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis and Formule 1 hotels.
From our sponsors
Stres Berkepanjangan bisa Picu Penyakit Kronis
Jun 29th 2014, 07:24

Helmi Ade Saputra - Okezone
Minggu, 29 Juni 2014 14:24 wib
detail berita
Dampak mengalami stres (Foto: Magforwomen)
STRES berkepanjangan tidak hanya berdampak bagi kesehatan mental, tetapi juga secara fisik. Bahkan, stres bisa menjadi akar penyebab dari beberapa banyak penyakit kronis.

Berikut beberapa dampak stres berkepanjangan bagi kesehatan sebagaimana dilansir Magforwomen, Minggu (29/6/2014).

Asma

Stres dapat berdampak negatif bagi sistem pernapasan, karena cenderung bernapas lebih cepat. Oleh karena itu, bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, stres bisa menyebabkan masalah pernapasan seperti serangan asma.

Penyakit jantung

Selama stres, hormon adrenalin, kortisol dan noradrenalin dilepaskan di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan peningkatan detak jantung secara mendadak. Sebenarnya, setelah stres hilang, tubuh akan kembali menjadi normal. Namun, stres yang berkepanjangan dapat mengakibatkan penyakit jantung, terutama pada wanita pascamenopause. Hal ini karena wanita pascamenopause memiliki hormon estrogen yang lebih rendah sehingga lebih rentan terhadap gangguan kardivaskular.

Diabetes

Beberapa hormon stres seperti kortisol dan epinefrin memicu hati untuk menghasilkan lebih banyak glukosa, sehingga memberikan energi untuk mengatasi stres. Tetapi, kebanyakan glukosa ini tidak terpakai sehingga tubuh kembali menyerap gula darah tersebut. Oleh karena itu, jika Anda mengalami stres terus-menerus, gula darah yang dihasilkan akan lebih banyak sehingga bisa mengakibatkan diabetes tipe 2.
(ren)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions