Pages

Selasa, 01 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Ibu-ibu Hamil Ini Mengaku Lebih Bugar Setelah Lakukan Prenatal Yoga
Apr 1st 2014, 11:36

Yogyakarta, Mengatasi munculnya berbagai keluhan saat hamil sekaligus untuk berolahraga, beberapa ibu memilih untuk melakukan prenatal yoga. Prenatal yoga diyakini dapat mengatasi berbagai ketidaknyamanan tatkala hamil, seperti pusing, sesak napas, hingga bengkak pada kaki atau tangan.

Menurut penuturan instruktur prenatal yoga di Balance Mind Body Soul Yogyakarta, Yesie Aprillia, S.Si.T, M.Kes, yoga diyakini dapat mengatasi hampir semua rasa tidak nyaman yang kerap dialami ibu hamil. Hal itu dikarenakan yoga merupakan aktivitas penyeimbang tubuh, pikiran, dan jiwa, sehingga ibu hamil dapat menikmati masa-masa kehamilannya sekaligus bersiap diri untuk proses persalinan.

"Sesak napas, pusing, sakit pinggang, sakit punggung, kram di tangan, kram di kaki, itu semua bisa diatasi dengan yoga," tutur bidan yang juga praktisi dan pelatih hypno-birthing, gentle birth, dan water birth itu.

Rupanya manfaat tersebut memang benar dirasakan para peserta kelas prenatal yoga. Novia, seorang ibu berusia 26 tahun yang usia kehamilannya memasuki minggu ke-31, mengaku menjadi lebih bugar setelah melakukan yoga.

"Merasa lebih bugar, lebih sehat. Aku juga lebih jarang sakit. Karena selain dibantu dengan banyak makan sayur dan buah, kita kan juga tetap butuh olahraga," tutur Novia, salah satu ibu peserta prenatal yoga di Balance Mind Body Soul Yogyakarta, ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (1/4/2014).

Senada dengan Novia, komentar yang sama dikemukakan oleh Azza. Kepada detikHealth, ibu yang sedang hamil 36 minggu itu mengaku tubuhnya kini terasa lebih nyaman dibanding sebelum melakukan prenatal yoga. Azza mengaku tertarik mengikuti kelas prenatal yoga setelah mendapat info dari media sosial Twitter.

Dalam kelas prenatal yoga, para ibu hamil melakukan berbagai posisi seperti janu sirsasana, adho mukha svanasana, serta camel pose. Camel pose, misalnya, memiliki manfaat untuk mengurangi sesak napas, mengoptimalisasi posisi janin, serta mengurangi keluhan di pinggang dan punggung.

(vta/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
183059_adhomukhasvanasana.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions