Pages

Rabu, 30 April 2014

Sindikasi lifestyle.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Lifestyle 
Create an Online Store

Over 80,000 ecommerce brands trust Shopify. Get started with a free 14 day trial.
From our sponsors
Yuk, Intip Proses Pemintalan Benang Sutra
Apr 30th 2014, 05:19

Rabu, 30 April 2014 - 12:19 wib | Evi Elfira - Okezone

Alat pemintal benang sutra (Foto: Evi/Okezone)Alat pemintal benang sutra (Foto: Evi/Okezone) MASYARAKAT tak banyak tahu mengenai proses pemintalan benang sutra menjadi sebuah kain sutra yang cantik.  
Apalagi masyarakat modern yang tentunya awam terhadap alat pemintal tradisional kain sutra, Kebanyakan dari masyarakat hanya sebagai konsumen yang langsung beli jadi, tanpa mengetahui prosesnya.


Nah, salah satu pengusaha tenun sutra mencoba berbagi informasi mengenai alat pemintalan yang dipakai di pabriknya di Sukabumi, Jawa Barat. Mau tahu apa saja itu.?
 
Wignyo Rahadi seorang pengusaha kain sutra yang telah merintis bisnisnya mulai tahun 1999 ini mengatakan, alat tenun memiliki tiga jenis macamnya, dari mulai tradisional dengan cara dipangku, alat tenun bukan mesin (ATBM), hingga menggunakan mesin modern.
 
Wignyo sendiri memakai alat pemintalan ATBM yang sudah dimodifikasi agar lebih mudah digunakan. Pria yang memulai produksi tenun di daerah Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat ini membuat model sendiri alat tenun bukan mesin.
 
"Saya mulai produksi tahun 1999, saya menggunakan zachar di ATBM dan banyak ditiru orang. Dulu awal produksi alatnya ada  tujuh, karena satu paket, dari alat gulung benang (mehane)hingga alat menenun," kata salah satu anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) di Sukabumi, beberapa hari yang lalu.
 
Ia menjelaskan proses penggunakan ATMB pertama, benang sutra yang telah siap untuk ditenun digulung dalam gulungan-gulungan kecil. Kemudian gulungan-gulungan kecil benang sutra tersebut digulung menjadi satu gulungan besar menggunakan alat yang dinamakan mehane. Kemudian, motif kain ditentukan dan siap untuk ditenun.
 
Uniknya, ATBM milik Wignyo Rahadi ini, ia menggunakan alat pola untuk motif tenunnya yang berupa potongan-potongan kartu berlubang kemudian jarum tenun akan melalui lubang tersebut untuk membuat motif.
 
"Untuk membuat motif di zachar dibuat dulu sketsanya dengan menggunakan rumus lalu kartu akan dilubangi dengan alat untuk pola motifnya, hampir seperti Dobby (kartu untuk membantu pengerjaan penganyaman benang), tapi ini berbeda karena sudah dimodiikasi," tutur Wignyo.
 
Zachar atau alat pembuat motif ia dapatkan di Majalaya, Jawa Barat. Ia membeli secara kiloan. "Kalau sekarang harganya Rp10 juta. Dulu masih dijual kiloan, karena belum ada yang mau menggunakan. Saya menyayangkan sekarang karena dulu tidak beli banyak, " jelas Wignyo sambil bercanda.
(ren)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions