Pages

Rabu, 30 April 2014

Sindikasi lifestyle.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Lifestyle 
Get the newest, latest, hottest

Find shoes, heels, flats, active, essentials and more in the latest styles. Save up to 40% on select items.
From our sponsors
Pola Asuh Orangtua Seimbang Cegah Tindak Kekerasan Anak
Apr 30th 2014, 10:21

dr Diana Papayungan SpKJ (Foto: Marieska/Okezone)dr Diana Papayungan SpKJ (Foto: Marieska/Okezone)

KEKERASAN oleh anak dan remaja saat ini makin marak. Bahkan banyak kasus telah terjadi lintas gender, tak hanya remaja putra, tetapi remaja putri juga berperan sebagai pelaku.

 
Pengaruh film dan video games, buruknya lingkungan sosial seperti tata nilai yang berlaku, fenomena bullying serta tingkat pergaulan dewasa yang melahirkan perilaku premanisme diduga menjadi faktor–faktor penyebab  kekerasan oleh anak dan remaja.
 
"Belum lagi rusaknya sistem sosial yang menyebabkan perceraian mudah terjadi, rusaknya pola asuh anak, rendahnya tingkat hukuman dan minimnya jaminan keamanan oleh pemerintah," jelas Psikiater RSUD Kota Depok dan RS Bunda Margonda Depok dr Diana Papayungan SpKJ di Balai Kota Depok, Rabu (30/4/2014).
 
Diana mengatakan, untuk mencegahnya, tatanan keluarga pola asuh yang baik dibutuhkan ditambah peran orangtua dalam menanamkan nilai–nilai kasih sayang, moralitas, dan spiritual. Selain itu, dalam tatanan sosial di mana masyarakat dan pemerintah harus melakukan pengawasan sosial terhadap anak dan remaja di lingkungan sekitar.
 
"Tatanan keluarga, pola asuh dominan misalnya pada ibu itu tidak boleh juga, sangat diharapkan pola asuh berimbang, harus ada figur ayah pada anak, bagaimana pola hidup yang didapat. Pola asuh kasar menyiksa fisik dan verbal akan memberi label negatif pada anak, tanpa disadari akan jadi pengalaman di kemudian hari, memberikan dampak psikologis," ungkapnya.
 
Diana menegaskan bahwa negara wajib menjamin keamanan pada tiap warga negara, termasuk anak dan remaja. Selain itu memberikan sanksi tegas kepada setiap pelaku tindak kekerasan, termasuk anak dan remaja.
 
"Kita sebagai orangtua enggak bisa mengharapkan orang lain, harus membina dari internal keluarga. Bagaimana bapak–bapak camat cegah geng antar kriminal, di Depok saja saya dengar ada trek-trekan geng motor, kepastian hukum dan Perda juga harus diimplementasikan dengan baik," tandasnya.
(tty)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions