Pages

Selasa, 29 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Web design for beginners/

In this course, we cover many aspects of creating content for the web, from concept to production.
From our sponsors
Virus dari Manusia Ancam Kesehatan Gorila di Taman Nasional Ini
Apr 29th 2014, 08:45

Bwindi, Uganda, Sebagai primata terbesar, gorila justru mulai dihantui beragam masalah yang mengancam eksistensinya. Mulai dari perburuan, penebangan hutan yang berarti kerusakan bagi habitat mereka, hingga serangan penyakit dari manusia.

Dengan kata lain, gorila-gorila ini seakan-akan tak punya masa depan. Apalagi menurut data sensus terbaru, gorila gunung di seluruh penjuru dunia hanya 880 ekor saja. Miris bukan?

Bwindi Impenetrable National Park sendiri merupakan salah satu situs warisan dunia menurut PBB dan rumah bagi hampir separuh populasi gorila gunung dunia.

Kebetulan ketika pertama kali bekerja di Bwindi Impenetrable National Park pada tahun 1994, seorang peneliti terkemuka dari Uganda yang juga aktivis konservasi gorila, Gladys Kalema-Zikusoka melihat mulai banyak turis yang berkunjung ke taman nasional ini.

Karena ia tahu gorila memiliki kesamaan genetik dengan manusia (98 persen lebih), maka Gladys menduga interaksi manusia dengan gorila akan berdampak pada primata rentan ini.

"Ketika riset saya mengamati sejumlah parasit yang ada di pemukiman gorila dan saya menemukan bahwa lokasi yang paling sering dikunjungi turis memiliki parasit lebih banyak daripada yang tidak. Itu artinya kita bisa menularkan penyakit kepada mereka dengan mereka dan itu hal yang buruk," terang Gladys seperti dikutip dari CNN, Selasa (29/4/2014).

Tak mau gorila makin punah, Gladys mendirikan lembaga non-profit 'Conservation Through Public Health' (CTPH) yang concern terhadap berbagai upaya untuk melindungi gorila dan hewan liar lainnya dari penyakit-penyakit yang bersumber dari manusia.Next

Gladys Kalema-Zikusoka (Foto: CNN)

Halaman 1 2
(lil/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
154833_bwindi2.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions