Pages

Rabu, 18 Juni 2014

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Hindari Cuci Daging Ayam Sebelum Dimasak
Jun 18th 2014, 01:29

Hindari Cuci Daging Ayam Sebelum Dimasak

Seorang pedagang saat merapikan dagangannya di pasar Senen, Jakarta, Senin (2/7). TEMPO/Aditia Noviansyah

Berita Terkait

TEMPO.CO, London - Mencuci bahan makanan jamak dilakukan sebelum memasak, untuk menjamin kehigienisannya. Namun, para ahli baru-baru ini memperingatkan tak perlu mencuci daging ayam sebelum dimasak untuk menghindari keracunan makanan.

Adalah The British Food Standards Agency yang menyerukan untuk menghentikan praktek tersebut. Pasalnya, dalam daging ayam terdapat bakteri Campylobacter yang dianggap bertanggung jawab atas sebagian besar kasus keracunan makanan.

Menurut lembaga ini, empat dari setiap lima kasus keracunan bakteri ini disebabkan oleh ayam yang terkontaminasi. Dalam banyak kasus orang yang menderita keracunan mengalami sakit perut, diare berat, dan muntah. Beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kepala eksekutif FSA, Catherine Brown, mengatakan bahwa meskipun orang cenderung mengikuti praktek yang direkomendasikan saat menangani unggas, seperti mencuci ayam dan memastikannya dimasak dengan matang, kasus keracunan kerap ditemui. "Ternyata penyebabnya adalah praktek mencuci ayam mentah yang umum dijumpai di masyarakat," katanya. Brown menyarankan untuk tak usah dicuci sama sekali dan langsung dimasak atau direbus hingga matang betul.

Campylobacter adalah kelompok kuman (bakteri) yang merupakan penyebab umum dari keracunan makanan. Keracunan makanan terjadi ketika makanan atau air yang terkontaminasi dengan kuman (mikroba), racun (toksin), atau bahan kimia masuk ke dalam tubuh manusia. Biasanya, keracunan makanan menyebabkan gastroenteritis dan infeksi usus yang menyebabkan diare, muntah, dan kadang-kadang juga demam.

Campylobacter biasanya ditemukan dalam daging mentah, terutama unggas seperti ayam, kalkun, dan bebek. Memasak daging hingga matang sempurna biasanya membunuh bakteri ini.

Campylobacter juga dapat ditemukan dalam susu yang tidak dipasteurisasi atau air yang tidak dimasak (termasuk es batu yang terbuat dari air mentah), juga sebagian kecil jamur dan kerang. Hewan (termasuk kucing dan anjing) yang terinfeksi dengan campylobacter juga dapat menularkan bakteri ini pada manusia.

SMH | INDAH P.

Berita Terpopuler:
Olga Dikabarkan Mengidap Kanker Stadium 4
Cak Lontong: Saya Tidak Merasa Lucu
Elektabilitas Jokowi Turun di DKI, Ini Kata Ahok
KPK Segel Ruangan Menteri PDT Sejak Senin Malam
Kantornya Disegel, Menteri PKB Dibidik KPK?
ISIS yang Ambil Alih Kota di Irak, Siapa Mereka?

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions