Pages

Jumat, 20 Juni 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Dokter Spesialis Masih Nyaman Kerja di Kota Besar
Jun 19th 2014, 19:01

Helmi Ade Saputra - Okezone
Jum'at, 20 Juni 2014 02:01 wib
detail berita
Dokter Indonesia (Foto: Dok Okezone)
FASILITAS dan infrastruktur di bidang kesehatan sebagian besar masih berada di perkotaan. Begitu pula dengan penyebaran dokter-dokter spesialisnya.

Menurut Prof. Dr. Yos E. Susanto, Ph.D, penyebaran dokter spesialis yang tidak merata bisa disebabkan oleh keterbatasan alat-alat yang dibutuhkan. Selain itu, faktor ekonomi juga turut berperan dalam penyebaran dokter spesialis di Tanah Air. Karenanya, Dewan Penyantun RS Awal Bros itu menilai wajar jika keberadaan dokter spesialis masih terpusat di kota besar, termasuk Jakarta.

"Dokter juga manusia biasa yang mempunyai keluarga, sehingga bagaimana nanti mencari penghasilannya bila praktek di daerah? Jadi, kalau sudah seperti itu, kita harus memberikan insentif yang jauh lebih besar kepada dokter untuk kerja di daerah," ucapnya saat berkunjung ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Lebih lanjut, menurut Prof. Yos, untuk mengatasi masalah pemerataan dokter di setiap daerah harus dimulai dari pendidikan. Sebagai contoh, Prof. Yos mengatakan bahwa misalnya para calon dokter bisa diberikan beasiswa berada di daerah-daerah. (Baca: Presiden Harus Pilih Menkes Bukan Karena Kepentingan Politik)

"Kalau orang-orang di daerah harus bersaing masuk Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pasti akan sulit. Memang, di daerah-daerah ada juga fakultas kedokteran, tetapi kurang besar porsinya. Seharusnya dihitung kekurangan dokter berapa untuk kemudian disediakan beasiswa di fakultas di daerah tersebut," tutupnya. (Baca: Waduh, 70% Dokter Indonesia 'Numpuk' di Pulau Jawa)  
(fik)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions