Pages

Rabu, 18 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Compare Hotels

Find great prices for amazing hotels wherever your next destination may be. It's simple to search 100+ sites at once!
From our sponsors
Emoh Hambat Perkembangan Anak, Donna-Darius Tak Jadi Ortu Overprotektif
Jun 18th 2014, 01:31

Jakarta, Orang tua memang ingin berusaha melindungi si anak dari segala bahaya. Hanya saja, terkadang demi tujuan tersebut ada orang tua yang cenderung overprotektif terhadap si anak. Itulah yang membuat Donna Agnesia tak mau terlalu protektif pada anak-anaknya.

Donna mengatakan udah seyogianya orang tua lebih bijaksana menerima informasi atau pengetahuan. Hal terpenting adalah ruang gerak apa yang bisa membuat anak mengeksplor ilmu pengetahuan atau informasi sebaiknya tidak dibatasi.

"Kita bisa cari pencegahan terbaik bukan membatasi anak. Misalnya yang saya alami sendiri, sekarang ngomongin udara, cuaca, debu, polusi kalau kita mikirin itu anak nggak bisa main di luar akhirnya mereka nggak bisa dapat experience," tutur istri aktor Darius Sinathrya ini.

Mengingat orang tua memiliki peran sebagai motivator dan fasilitator untuk perkembangan anak maka sudah sepatutnya ayah dan ibu memberi arahan, bukan membatasi. Jika seperti itu, dikatakan Donna anak justru tidak memiliki pengalaman atau imunitas terhadap cuaca sekitar.

"Yang ada anaknya jadi lebih ringkih. Kalau takut kotor misalnya, dia malah nggak tahu yang bersih itu seperti apa," imbuh Donna usai menjadi bintang tamu di Bincang-bincang 'From Womb to World' bersama Pampers di Le Meridien Hotel, Jakarta, Rabu (18/6/2014).

Contoh lain yang diutarakan Donna adalah kasus pelecehan seksual di sekolah atau tempat umum bisa membuat orang tua khawatir atau parno untuk mengajak buah hatinya ke mal. Padahal yang perlu dilakukan orang tua adalah melakukan pengawasan terhadap si anak.

"Kayak gadget atau internet memang orang tua bisa parno dan protektif. Tapi bukan berarti anak nggak bisa mengakses itu, kita bisa ganti password wifi. Buka youtube boleh tapi kita awasin, jadi mereka dapat pengalaman di situ sambil kita kasih pengertian ini nggak boleh karena begini, jadi kita kasih pengertian kenapa nggak boleh atau jangan," terang Donna.

Justru jika orang tua hanya sekadar mengatakan jangan atau tidak boleh, menurut Donna akan memancing anak untuk mencari informasi lain. Maka, anak perlu pendampingan orang tua dalam segala hal dan patut diingat orang tua zaman sekarang tidak boleh kalah pintar dengan sang anak.

"Kita ada pengetahuan atau informasi ya kita jelaskan ke mereka. Justru jangan jadikan batasan yang justru menghambat perkembangan mereka. Bisa dikatakan terlalu protektif justru menghambat perkembangan mereka," tutup Donna.

(rdn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
083244_img20140617025500.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions