Pages

Rabu, 16 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Advance your career

Columbia College offers 100% online MBA degrees, allowing you to earn your degree on your time. Get a promotion at work with an MBA.
From our sponsors
Tekan Kematian Ibu, Pemda Karawang Luncurkan SMSBunda untuk Ibu Hamil
Apr 15th 2014, 09:45

Karawang , Tahun 2013, Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Karawang masih tinggi yakni 64 per tahun. Untuk menekan tingginya AKI, Pemda Karawang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Jhpiego, dan GE Foundation meluncurkan layanan SMSBunda.

SMSBunda merupakan layanan SMS gratis yang didapat ibu hamil maksimal tiga kali seminggu dan berisi informasi mengenai kesehatan. Si ibu hanya perlu melakukan registrasi dengan mengirim tanggal perkiraan bersalin ke nomor khusus.

Setelah terdaftar, ibu akan menerima sms gratis tentang perawatan antenatal dan perawatan postpartum sesuai usia kehamilan, mulai dari trimester pertama hingga 42 hari setelah melahirkan.

"Kabupaten Karawang salah satu wilayah penyumbang AKI terbesar di Jawa Barat. Nah SMSBunda ini lebih pada penguatan institusi dari hulu jadi ibu hamilnya yang lebih aktif mendapat informasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang H Asep Hidayat Lukman, MM di acara Peluncuran 'SMSBunda, Layanan SMS bagi Ibu Hamil dan Nifas' di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/4/2014).

Sebelumnya, dikatakan Asep sudah ada program Sijariemas yang lebih memperkuat sistem rujukan. Ketika ibu hamil mengalami keluhan, bisa menghubungi bidan atau tenaga kesehatan lainnya. Kemudian, bidan atau tenaga kesehatan akan mengirim SMS ke call centre 24 jam di Dinas Kesehatan (Dinkes).

Dinkes pun akan menginformasikan ke beberapa RS yang bisa menjadi rujukan. Informasi RS mana yang bisa menjadi rujukan akan dikirimkan ke bidan atau tenaga kesehatan dan nantinya akan diinformasikan ke ibu hamil.

"Sudah ada sijariemas banyak pasien datang dalam keadaan payah misalnya kurang gizi dan kurang darah. Diharapkan dengan SMSBunda ini ibu hamil bisa lebih waspada ketika ada masalah dengan kehamilan atau pasca bersalin," imbuh Asep.Next

Halaman 1 2
(rdn/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
164701_smsbundalaunchdian.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions