Pages

Rabu, 16 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Build an Online Store

Over 80,000 ecommerce brands trust Shopify. Get started with a 14 day free trial.
From our sponsors
Tak Sekadar Rajin Minum Obat, Tapi Rutin Periksa Juga Agar Tetap Sehat
Apr 16th 2014, 04:30

Jakarta, Kepatuhan merupakan kunci utama pengendalian perkembangan penyakit pada pasien dengan penyakit apapun, terutama penyakit kronis. Apa saja definisi patuh versi dokter untuk membantu proses penyembuhan?

Disampaikan oleh dr Ikhsan Mokoagow, SpPD, MMedSci, spesialis penyakit dalam, kepatuhan atau compliance merupakan keterlibatan kolaboratif secara sukarela dan aktif dari pasien melalui serangkaian perilaku untuk mendapatkan hasil terapeutik.

Jika menurut pasien 'patuh' di sini berarti rajin minum obat sampai habis, maka menurut dr Ikhsan arti dari kepatuhan sebenarnya lebih luas.

"Bukan sekadar rajin minum obat, tapi juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan," ujar dokter yang menyelesaikan studi spesialisasinya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Pfizer Journalist Class yang diselenggarakan di Sere Manis, Jl H Agus Salim, Jakarta, dan ditulis pada Rabu (16/4/2014).

Selain itu, hal penting lain yang harus dipatuhi pasien adalah melakukan konsultasi berkala. Seringkali pasien menganggap cukup hanya dengan minum obat dan menyepelekan efek lain yang muncul, padahal bisa saja itu merupakan efek samping dari obat yang berbahaya jika diteruskan.

dr Ikhsan juga menyampaikan pentingnya menentukan target pengobatan. Tak melulu dalam bentuk angka, misalnya angka laboratorium yang merujuk pada normal, tetapi juga dalam bentuk kemampuan melakukan aktivitas lain.

(ajg/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
112607_dokterrr.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions