Pages

Rabu, 16 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Mobile App Design from scratch.

A step by step guide to learn how to design a great mobile app.
From our sponsors
Jangan Remehkan, Lecet Kecil Bisa Berakibat Fatal Bagi Pasien Diabetes
Apr 16th 2014, 04:16

Amsterdam, Sudah lumrah diketahui bila satu luka kecil yang dimiliki seorang penderita diabetes biasanya bisa merembet ke bagian tubuh lainnya. Namun sebuah studi baru pun memastikan satu lecet kecil saja bisa menimbulkan cedera kaki yang lebih parah bagi mereka.

Masalahnya, pasien diabetes seringkali mengalami neuropati atau kehilangan sensasi akibat kerusakan saraf, terutama di kaki mereka.

Hilangnya sensasi inilah yang membuat kaki mereka mudah terluka tanpa disadari. Bahkan bila sudah parah, lecet kecil tadi lama-lama akan terinfeksi atau berubah menjadi gangren atau membusuk.

Hanya saja peneliti penasaran dengan berapa besar risiko cedera kaki atau gangren yang dimiliki partisipan bila dilihat dari borok yang ditemukan dan faktor apa yang paling sering mengakibatkan munculnya borok tersebut.

Untuk mengetahuinya, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/4/2014), peneliti mengamati 171 partisipan yang kesemuanya mengaku mendapati borok di kakinya minimal 18 bulan sebelum studi dimulai.

Kemudian dalam kurun waktu yang sama, tiap partisipan menjalani pengecekan apakah muncul borok baru tiap tiga bulan atau tidak. Mereka juga ditanyai kebiasaan sehari-hari mereka.

Peneliti juga memanfaatkan sebuah sandal khusus untuk mengukur aktivitas partisipan dengan kakinya. Setelah itu peneliti membandingkan aktivitas partisipan apabila berjalan dengan telanjang kaki.Next

Halaman 1 2
(lil/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
111810_153427_kakisakit460ts.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions