Pages

Rabu, 16 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Take the Style Quiz

Join JustFab and get one pair of extraordinary shoes or bag every month, handpicked for you by our fashion experts.
From our sponsors
Hati-hati, Sering Berganti Pasta Gigi Berisiko Sariawan lho
Apr 16th 2014, 11:31

Jakarta, Banyak hal yang bisa menyebabkan sariawan. Karena itu tidak sedikit orang yang mengalami ulang kambuh sariawan akibat penyebab-penyebab yang tidak disadari. Salah satunya adalah kebiasaan berganti-ganti pasta gigi. Ternyata kebiasaan berganti-ganti pasta gigi merupakan penyebab sariawan.

"Selama ini orang banyak yang biasa dan suka berganti-ganti pasta gigi, padahal kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya sariawan. Maka tidak heran jika banyak orang yang sariawannya sering kambuh padahal ia merasa sudah cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan," tutur drg Harum Sasanti, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI dan RSCM.

Hal itu disampaikan dia saat ditemui di acara Workshop 'Jangan Anggap Remeh Sariawan' yang diselenggarakan di The Cone Indonesia, fX Lifestyle Centre, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Rabu (16/4/2014).

drg Harum menjelaskan kebiasaan berganti-ganti pasta gigi bisa membuat yang bersangkutan mengalami reaksi alergi, khususnya pada orang yang hipersensitif. Faktor seringnya mengganti dan menggunakan bahan kimiawi yang berbeda-beda, akan merangsang penyakit yang disebabkan oleh alergi, salah satunya adalah sariawan. Alergi memang merupakan salah satu jenis faktor predisposisi yang kerap kali menyebabkan sariawan.

"Ketika sudah merasa cocok dengan pasta gigi yang telah digunakan, janganlah sampai tergoda untuk mencoba pasta gigi yang lain. Tiap orang itu kan tidak sama kecocokan pasta giginya. Makanya cukup satu jenis saja, jangan ganti-ganti," saran drg Harum.

Pola sikat gigi yang harus dijaga juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencegah terjadinya sariawan. Karena sariawan juga disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga.

"Pilih sikat gigi yang soft. Lakukan sikat gigi dua kali dalam sehari, jangan sampai lupa itu untuk menjaga kebersihan mulut," pesannya.

(vta/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
183239_pastagigi.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions