Pages

Rabu, 18 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Simple & Affordable SMS!

Text messages have a 95% open rate within 5 minutes. Over 50,000 businesses, non-profits, and groups rely on Ez Texting for their SMS marketing. Sign up free today!
From our sponsors
Saat Mau Papsmear, Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan
Jun 18th 2014, 03:02

Jakarta, Untuk mencegah kanker serviks alias kanker leher rahim, papsmear secara rutin sangat dianjurkan bagi perempuan yang pernah berhubungan seks. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani pemeriksaan tersebut.

"Saat paling ideal untuk melakukan papsmear adalah di sekitar pertengahan siklus haid atau sekitar 2 minggu setelah haid terakhir," jelas dr Ari Kusuma J, SpOG dari RS Bhakti Yudha Depok, seperti ditulis Rabu (18/42014).

Sepele, namun pemilihan waktu yang tepat harus benar-benar dipersiapkan. Persiapan yang tidak optimal, menurut dr Ari bisa berakibat pada hasil pemeriksaan yang tidak akurat.

Sementara itu, dr Hari Nugroho, SpOG dari RS Dr Soetomo Surabaya memberikan tips persiapan papsmear yang lebih detail. Berikut di antaranya:

1. Sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi sedang banyak-banyaknya, tetapi apabila mendapatkan perdarahan mens yang tidak kunjung berhenti segera temui dokter. Mungkin dokter tetap melakukan pemeriksaan apabila diperlukan. Pada prinsipnya, adanya darah di sediaan papsmear menyulitkan dokter spesialis patologi anatomi untuk membaca hasil papsmear.
2. Jangan melakukan hubungan badan paling tidak 2 x 24 jam sebelum pemeriksaan.
3. Jangan melakukan douching vagina atau menggunakan alat cuci vagina. Vaginal douching tidak perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari Anda.
4. Jangan gunakan pembalut (apapun bentuknya) 2 x 24 jam sebelum pemeriksaan.
5. Jangan menggunakan obat-obatan untuk vagina 2 x 24 jam sebelum pemeriksaan.
6. Papsmear akan dilakukan menggunakan alat yang steril.

"Tidak dipenuhinya syarat diatas akan membuat hasil pemeriksaan menjadi susah terbaca. Saran saya, jangan tunda jadwal pemeriksaan pap smear Anda. Datangi dokter Anda, apabila ragu, konsultasikan dengan dokter Anda, apakah sebaiknya ditunda atau bisa dilakukan saat itu," pesan dr Hari.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
100337_papsmearrr.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions