Pages

Kamis, 17 April 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Sariawan Sama dengan Kanker Tahap Dini?
Apr 17th 2014, 00:44

ADA sebuah anggapan dari sejumlah orang yang menyatakan bahwa sariawan merupakan tahap dini dari kanker mulut. Namun, ada juga sebagian orang menyatakan hanyalah kekeliruan. Lantas, manakah yang benar?

Dr. Harum Sasanti drg, Sp. PM dari Departemen Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menerangkan, sariawan yang merupakan penyakit umum dari stomatitis aphtosa recurrent (SAR) tak sama dan bukan kanker mulut.
 
"Kenapa SAR bukan kanker mulut, karena dari perjalanan penyakitnya saja sudah berbeda, sehingga tak bisa disamakan," katanya dalam acara bertema  "Jangan Anggap Remeh Sariawan" di The Cone F(X), Senayan, Jakarta, Rabu, 16 April 2014.

"Kanker mulut itu tidak didahului SAR, tetapi bisa terjadi pada orang atau siapa saja yang termasuk berbakat SAR," imbuhnya.

Jadi, kata dia, biar ada orang yang mengkhawatirkan sariawannya akan menjadi kanker, apakah bisa disembuhkan?  Menurutnya, tidak disembuhkan saja bisa sembuh sendiri. Hal itu bisa terjadi karena sifat dari penyakit ini memang ulang kambuh. Terpenting, kalau ingin menghindari sariawan pangkas saja faktor risikonya.

"Jangan capek, jangan anemia saat menstruasi, tingkatkan gizi lewat mengonsumsi makanan sehat, pilihlah sikat gigi yang lunak. Jadi, prinsipnya yang dikendalikan itu adalah faktor yang memicu dari sariawan," terangnya.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions