Pages

Kamis, 17 April 2014

Sindikasi health.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Health 
Free Bestselling eBooks

Free national bestsellers for your eReader - Fiction, Nonfiction & more! Join 1.5 million book lovers now. Sign-up in under 10 seconds to get the free daily email.
From our sponsors
Kekurangan Vitamin C Bikin Orang Sariawan?
Apr 17th 2014, 00:13

SAAT mulut sedang mengalami sariawan merupakan masa yang menyebalkan. Bagaimana tidak, mendadak kita jadi sulit untuk makan dan minum. Termasuk sekadar berbicara saja akibat luka yang ada di sekitar mulut.  
Dalam kondisi itu, banyak orang yang menganggap bahwa pasti hal itu karena mereka kekurangan vitamin C. Tetapi benarkah memang demikian?
 
"Penyebab seseorang mengalami sariawan bukan itu (vitamin C). Pemicunya, menurut pengalami kami (para dokter) karena kekurangan vitamin B. Jadi, waktu itu ada dokter penyakit dalam meneliti bahwa kekurangan vitamin B, yaitu B1,B6, B12, dan asam folat, menyebabkan seseorang mengalami sariawan," tegas Dr. Harum Sasanti drg, Sp. PM dari Departemen Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam acara bertema  "Jangan Anggap Remeh Sariawan" di The Cone F(X), Senayan, Jakarta, Rabu, 16 April 2014.
 
Kekurangan vitamin C sendiri, lanjut dia, malah menyebabkan gusi mudah berdarah. "Gusi bengkak dan mudah berdarah atau yang kita (dokter) sebut scorbut gingivitis, itu adalah karena kekurangan vitamin C," ungkapnya.
 
Jadi, kata Dr. Harum, kekurangan vitamin C bukan penyebab dari sariawan. Tetapi kekurangan vitamin C itu menyebabkan gusi kita mudah berdarah.
 
"Semoga anggapan yang salah di masyarakat mengenai kekurangan vitamin C bikin orang sariawan  masyarakat bisa diluruskan. Bahwa kekurangan vitamin C bukanlah penyebab dari akhirnya seseorang mengalami sariawan. Tapi, sariawan itu karena kekurangan vitamin B," pesannya.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions