Pages

Kamis, 17 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Free Bestselling eBooks

It's easy: sign up in under 10 seconds, tell us what kind of eBooks you love & we'll email you a list of deals every day - FREE! Join now!
From our sponsors
Serangan Kanker Dapat Ditepis dengan 5 Cara Sederhana Ini
Apr 17th 2014, 00:29

Jakarta, Sebagai salah satu penyakit berkarakter ganas, kanker menjadi momok bagi banyak orang. Beberapa pasien kanker memang dapat disembuhkan dan kembali sehat. Namun, tak jarang juga yang terrenggut nyawanya. Meski ganas, kanker dapat dicegah lho.

"Bukan berarti kanker tak dapat dihindari. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kanker," terang Dr Otis Brawley, direktur medis American Cancer Society, yang juga ahli kanker kenamaan dunia.

Tidak ingin kanker mendatangi Anda? Inilah lima langkah untuk meminimalisasi risiko kanker, seperti dikutip dari CNN, Kamis (17/4/2014).

1. Jangan menggunakan produk tembakau.
"Jika Anda merokok, maka berhentilah. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok," ujar Dr Brawley Menurutnya, seseorang yang berhenti merokok akan segera mendapat manfaat sehat, meski puasa rokok yang ia lakoni baru berlangsung selama 24 jam.

2. Menjaga tubuh tetap ramping tetapi tidak kurang dari normal.
Semua orang, berapa pun usianya, harus menghindari bobot tubuh yang berlebih. Agar ramping tetapi sehat, diet perlu dijaga dengan membatasi makanan dan minuman berkalori tinggi, memperbanyak makanan berbasis tumbuhan, makan dan minum dalam jumlah cukup, dan membatasi daging merah serta daging olahan.

3. Olahraga teratur.
Orang dewasa dianjurkan untuk melakukan olahraga sedang selama 150 menit atau olahraga berat selama 75 menit, per minggu. Bagi anak-anak, dianjurkan untuk melakukan olahraga sedang atau berat selama satu jam setiap hari, dengan olahraga berat minimal tiga hari dalam satu minggu. Demikian menurut penuturan Dr Brawley. Pengarang buku "How We Do Harm: A Doctor Breaks Ranks About Being Sick in America" itu juga menganjurkan untuk mengurangi kebiasaan sedentari.

"Batasi kebiasaan sedentari seperti duduk, berbaring, menonton televisi, dan berbagai macam hiburan berbasis layar yang lainnya."

4. Mendapat vaksin.
Beberapa jenis kanker disebabkan oleh infeksi yang sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi. Vaksin HPV yang biasanya diberikan pada perempuan, misalnya. Vaksin tersebut diyakini dapat mencegah infeksi virus penyebab kanker serviks. Beberapa bukti lain menunjukkan bahwa vaksin tersebut juga dapat mencegah beberapa jenis kanker kepala dan leher.

5. Menghindari terlalu banyak paparan sinar matahari.
Untuk menghindari paparan sinar ultraviolet berlebih, ujar Dr Brawley, kenakan baju berlengan panjang, celana panjang, serta topi bertepi lebar jika memungkinkan. Tabir surya juga sesekali diperlukan untuk menepis paparan sinar berlebih. Menurutnya, langkah tersebut akan mengurangi risiko serangan kanker kulit.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
073044_cancer.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions