Pages

Kamis, 17 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Free Bestselling eBooks

Free national bestsellers for your eReader - Fiction, Nonfiction & more! Join 1.5 million book lovers now. Sign-up in under 10 seconds to get the free daily email.
From our sponsors
Pantau Kondisi 'Pabrik Sperma', Pria Dianjurkan Sering Cek Testis
Apr 17th 2014, 01:04

Jakarta, Pada pria, testis memegang peranan penting dalam hal reproduksi karena perannya sebagai pabrik sperma. Nah, salah satu cara agar pabrik sperma tetap bisa berfungsi dengan baik yakni dengan mengecek bola testis.

"Pria memang disarankan untuk sering-sering mengecek bola testis. Waktu yang paling baik untuk mengecek bola testis adalah selama atau setelah mandi dengan air hangat," tutur seksolog Dr dr Andri Wanananda MS kepada detikHealth, Kamis (17/4/2014).

Penggunaan air hangat bertujuan untuk membuat skrotum (buah zakar) menjadi rileks dan tenang sehingga bola-bola testis bisa diperiksa dengan mudah. Biasanya, dikatakan dr Andri, bola testis bagian kanan sedikit lebih besar daripada bagian kiri.

Sementara itu, bola testis kiri posisinya lebih rendah daripada yang kanan. "Jika keadaan bola-bola testis seperti itu, tak perlu khawatir karena hal itu normal. Tapi jika besarnya sudah tidak wajar maka patut diwaspadai," ujar dr Andri.

Kelainan pada bola testis contohnya jika ada massa, gumpalan atau benjolan yang tidak normal di bagian depan atau samping testis. Sebab, adanya benjolan bisa jadi pertanda gangguan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit.

Kondisi salah satu testis yang membesar bisa disebabkan oleh tiga hal yaitu:

1. Hernia Scrotalis (burut usus yang turun ke dalam buah zakar)
2. Varicocele (gangguan pada saluran sperma yang dikenal sebagai Vas Deferens)
3. Tumor testis.

"Sepanjang tidak sakit atau nyeri, buah zakar yang hanya sedikit besar sebelah sebenarnya normal-normal saja," tutup dr Andri.

(rdn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
080521_anduktsluar.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions