Pages

Kamis, 17 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Thousands of Free eBooks

BookBub brings you free & bargain national bestselling eBooks in the genres of your choice! Sign up now & join 1.5 million happy readers.
From our sponsors
Jangan Asal Pilih, Salah Obat Bisa Memperparah Sariawan
Apr 17th 2014, 00:10

Jakarta, Meski sariawan merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, terkadang banyak orang yang tidak sabar untuk segera menyembuhkannya. Namun, orang yang mengalami sariawan diminta untuk hati-hati dalam memilih obat untuk mengatasi sariawannya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Dr Harum Sasanti drg, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI dan RSCM. Menurut Dr Harum, orang yang mengalami sariawan harus berhati-hati dalam memilih obat sariawan agar tidak berisiko memperparah keadaan sariawannya.

"Pilihnya obat sariawan yang memang bisa mengobati sariawan. Jangan memilih obat yang katanya bisa mengatasi sariawan, tapi ternyata malah menyebabkan sariawannya semakin parah, komplikasi, tidak sembuh-sembuh, bahkan hingga menyebabkan kanker mulut," tutur Dr Harum saat ditemui pada acara Workshop 'Jangan Anggap Remeh Sariawan' yang diselenggarakan di The Cone Indonesia, fX Lifestyle Centre, Jl. Jend Sudirman, Jakarta, seperti ditulis Kamis (17/4/2014).

Kewaspadaan terhadap obat medis tidak hanya terjadi pada orang yang mengalami sariawan. Dengan adanya kewaspadaan tersebut, bahkan tidak sedikit orang yang beralih mencari obat herbal yang dianggap lebih aman dibanding obat medis. Keberadaan obat herbal saat ini memang sudah semakin tersebar dan semakin dianggap mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit. Bahkan, tidak sedikit dokter medis yang sudah menyarankan pasiennya untuk mengonsumsi obat herbal yang sudah teruji dan benar-benar dianggap mampu mengatasi suatu penyakit. Lantas apakah obat herbal juga bisa membantu mengatasi masalah sariawan?

Dr Abrijanto SB, dokter umum dan dokter herbal di Klinik Icon BSD, Tangerang menuturkan bahwa sariawan juga bisa diatasi dengan obat herbal. Hal ini dikarenakan sudah ada pengujian klinis terhadap beberapa obat herbal yang dianggap mampu mengatasi panas dalam dan sariawan.

"Ada beberapa obat herbal yang sudah teruji klinis mampu mengatasi sariawan, yaitu daun saga, bunga seruni, bunga dan daun thymi, akar manis, dan akar alang," ujar Dr Abrijanto.

Meski sudah ada beberapa obat herbal yang teruji klinis mampu mengatasi sariawan, Dr Abrijanto tetap menekankan pentingnya masyarakat awam menyadari bahwa obat herbal juga mampu memberikan efek serius jika dikonsumsi tidak sesuai dengan aturannya.

Selain itu menurut Dr Abrijanto, pemilihan obat herbal juga tidak berbeda jauh dengan obat medis, dengan kata lain, pemilihan obat herbal juga harus dilakukan dengan benar. Bebas dari peptisida adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih obat herbal. Karena bukan tidak mungkin terdapat kandungan semprotan peptisida yang terdapat di dalam tanaman obat herbal tersebut.

"Salah satu yang utama adalah harus dilihat apakah obat herbal tersebut sudah diregistrasi BPOM atau belum," tutup Dr Abrijanto.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
071102_cewekngaca.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions