Pages

Jumat, 20 Juni 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Mau Cepat Move On Usai Putus Cinta? Ssst, Ini Rahasianya
Jun 20th 2014, 05:26

Jakarta, Pasca putus cinta, terkadang banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk membujang lebih lama karena depresi atau dengan kata lain sulit move on. Bahkan di beberapa kasus, seseorang bisa jadi trauma untuk jatuh cinta.

"Trauma itu pada dasarnya berasal dari kepribadian orang itu sendiri. Ketika seseorang kepribadiannya rapuh, ia tidak akan bangkit dari satu pengalaman dan itu akan menjadi trauma," jelas Dr. dr. Nurmiati Amir, SpKJ (K) Wakil Ketua Seksi Bipolar dan Gangguan Mood lainnya dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Secara psikis, pengalaman terhadap trauma akan menentukan orang itu ke depannya. Orang yang pernah sukses menghadapi pengalaman terhadap trauma, ke depannya akan bisa bertahan menghadapi tantangan hidup selanjutnya.

Kepribadian seseorang yang kuat dan matang dapat mengatasi tekanan yang dihadapinya. Bahkan ketika seseorang dihadapi dengan tekanan yang begitu besar, dengan kepribadian yang tangguh pun ia mampu menanganinya. Di kemudian hari, tekanan itu bisa menjadi pengalaman yang akan menyokong orang tersebut.

Nah, untuk melawan tekanan atau masalah yang dihadapi, dr Nurmiati mengatakan diperlukan kekuatan yang terdiri dari pengalaman dan kepribadian yang tangguh.

"Seseorang dihadapkan dengan tekanan yang kecil ketika kepribadiannya sedang rapuh, ia akan tidak mampu menghadapi apa yang terjadi. Kemudian hal itu membuatnya depresi dan menjadi trauma untuk jatuh cinta," lanjut dr Nurmiati saat ditemui beberapa waktu lalu dan ditulis pada Jumat (20/6/2014).

"Untuk membentuk kepribadian yang tangguh, harus dimulai sejak dini. Semenjak dari anak-anak, seseorang harus diajarkan untuk menghadapi beragam masalah dan menyelesaikannya secara bertahap sesuai dengan usianya. Sehingga di kemudian hari terbentuklah pribadi yang tangguh," tutupnya.

(rdn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
122158_smsstroke.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions