Pages

Rabu, 16 April 2014

health.detik
Detik.com sindikasi 
Teach your child to read.

Save 20% now with Hooked on Phonics! Enter 'SAVE20' at checkout.
From our sponsors
Mengoleskan Minyak Penyubur Agar Bulu Jadi Lebat, Ampuhkah?
Apr 16th 2014, 13:01

Jakarta, Tak jarang, para pria yang kulitnya hanya ditumbuhi sedikit bulu merasa kurang percaya diri. Agar terlihat lebih macho, beberapa pria lantas memilih untuk menggunakan obat penumbuh atau penyubur bulu yang banyak beredar di pasaran. Namun ampuhkah cara itu?

"Minyak-minyak seperti itu secara ilmiah tidak ada buktinya," tutur dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin di D&I Skin Centre, Denpasar, Bali.

Perihal menyuburkan bulu atau rambut, dokter spesialis kulit dan kelamin itu lebih percaya pada pengobatan ilmiah, yang salah satunya adalah minoxidil. Minoxidil adalah obat untuk mengurangi kerontokan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru. Cara kerjanya ialah dengan meningkatkan peredaran darah pada akar rambut sehingga pertumbuhan rambut akan terangsang.

"Nama obatnya minoxidil, itu obat untuk mengurangi kerontokan juga merangsang tumbuhnya rambut baru. Fungsinya untuk meningkatkan peredaran darah di akar rambut, sebab peningkatan vaskularisasi akan merangsang rambut," jelas dokter yang juga anggota Himpunan Pengusaha Muda (HIMPI) Bali. "Minoxidil juga bisa digunakan untuk kumis, janggut, atau cambang. Dioleskan saja di daerah yang ingin tumbuh rambut," tambahnya.

Mengenai bahan alami untuk menyuburkan bulu atau rambut, banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai khasiat kemiri dan pijatan. Mengenai kebenarannya, dr Gusti tidak benar-benar meyakini seratus persen. Menurutnya, pijat atau mengoleskan kemiri mungkin dapat melancarkan peredaran darah sehingga pertumbuhan rambut akan sedikit terangsang.

Berbeda dengan dr Gusti, spesialis kulit dan kelamin di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, dr Abraham Arimuko, SpKK, yakin bahwa beberapa obat tradisional memang dapat melebatkan bulu atau rambut. Meski demikian, ia juga menyakini khasiat obat medis standar. Menurutnya, obat medis dengan komposisi tertentu, seperti minoxidil, multivitamin, antioksidan, dan antiinflamasi dapat mengobati kerontokan rambut.

Kendati mengerti dasarnya, sebaiknya pasien tak asal memilih ramuan atau obat untuk menyuburkan bulu. dr Abraham berpesan agar pasien mengonsultasikan kondisinya terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan obat atau ramuan tertentu. Nah, bagi yang ingin menumbuhkan bulu rambut tetapi tidak berbakat karena faktor folikel, dr Abraham menyarankan opsi implan alias tanam rambut.

"Kalau memang tidak ada folikel rambutnya tidak mungkin akan tumbuh rambut Opsi tindakan adalah tanam rambut," paparnya ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (16/4/2014).

(vta/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
200301_153234_chesthair.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions