Pages

Jumat, 29 November 2013

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV 
Keep Your Child Ahead Of The Curve!

We've spent the last 12 years developing a system that successfully teaches kids to read.
From our sponsors
Dokter yang Tak Bisa Praktik Harus Cari Sendiri Penggantinya
Nov 29th 2013, 07:22

Posted: 29/11/2013 14:00

Dokter yang Tak Bisa Praktik Harus Cari Sendiri Penggantinya

Liputan6.com, Jakarta : Dokter yang tidak bisa melakukan praktik, biasanya hanya mengirimkan pesan singkat atau menelepon rumah sakit untuk dicarikan penggantinya. Padahal, cara seperti tidak boleh dilakukan karena dianggap sebagai pelanggaran disipin profesional yang dilakukan oleh seorang dokter.

"Dokter kalau tidak bisa praktik, harus cari penggantinya sendiri. Bukan rumah sakit yang mencarinya. Kalau kayak begini, dokter dapat diadukan oleh pasien," kata Dosen Magister Hukum Kesehatan Universitas Gadja Mada (UGM), Muhammad Luthfie Hakim SH, MH.

Penjelasan ini disampaikan Muhammad Luthfie dalam acara `Seminar dan Workshop in Aesthetic Medicine (SWAM) 2013` di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Jumat (29/11/2013)

Lebih lanjut dia mengatakan, tindakan seperti ini masuk ke dalam bentuk dari pelanggaran disiplin profesional yang dilakukan dokter, yang mana masih banyak dokter tidak mengetahuinya.

Dalam daftar pelanggaran disiplin profesional yang dilakukan dokter, ada dua poin yang menganggap cara seperti ini tidak boleh dilakukan oleh seorang dokter.

Ada pun bunyinya seperti berikut ini.

  1. Mendelegasikan pekerjaan kepada tenaga kesehatan tertentu yang tidak memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tersebut;
  2. Menyediakan dokter pengganti sementara yang tidak memiliki kompetensi dan kewenangan yang sesuai atau tidak melakukan pemberitahuan perihal penggantian tersebut.

"Namun sayangnya, dokter ini minat untuk membaca pelanggaran ini kurang," kata Muhammad Luthfie menjelaskan.

(Adt/Mel/*)

Berita Rekomendasi

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions